News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bergaul di Dunia Digital Harus Punya Adab

Bergaul di Dunia Digital Harus Punya Adab





Pati –  Pergaulan di dunia digital tidak semata-mata mengandalkan perangkat teknologi informasi komputer, laptop maupun smartphone. Lebih dari itu, yang paling penting adalah harus punya adab, setidaknya memahami etikanya.

“Apabila setiap anak menyadari dan memiliki adab yang baik, maka terciptalah generasi terbaik. Generasi terbaik akan membentuk peradaban yang gemilang,” ujar Ruhani, Kepala Seksi (Kasi) Penmad Kantor Kemenag Kabupaten Pati, saat menjadi narasumber webinar literasi digital yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk masyarakat Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Senin (27/9/2021).

Mengapa demikian? Sebab, menurut dia,  kata “peradaban” itu sendiri berakar kata “adab”. Maka, membangun peradaban tidak akan bisa tanpa adab.

Di dalam ajaran Islam, lanjut dia, belajar pokok-pokok agama adalah bagian dari adab kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW. Para ulama juga menyepakati bahwa ilmu pokok-pokok ajaran Islam sebagai ilmu yang wajib diajarkan dan dipelajari pertama kali, meski dengan penyebutan yang berbeda-beda.

Misalnya, lanjut dia, Imam al-Ghazaly dalam kitab ihya’ ‘ulumuddin menyebutnya sebagai “‘ilmu fardhu Ain”. Kemudian, Syekh Az-Zarnuji dalam Ta’lim al-Muta’allim menyebutnya ’ilmu-l hāl”.

Pahlawan nasional sekaligus pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asy’ari, juga mengajarkan adab pribadi murid kepada guru saat menuntut ilmu, di antaranya  membersihkan jiwa, niat yang ikhlas disertai kesungguhan menuntut ilmu khususnya waktu muda, qanaah dalam urusan sandang-pangan dan pandai membagi waktu.

Narasumber lainnya pada webinar bertema “Adaptasi Empat Pilar Literasi Digital untuk Siswa” ini, Nur Hamzah (Digital Media & Communication Specialist), dalam kesempatan itu menyampaikan materinya seputar langkah-langkah aman dan nyaman bermedia digital.

Dia juga menyebutkan jenis-jenis ancaman siber berikut cara-cara pencegahannya.

Dipandu moderator Mafin Rizqi, webinar juga menghadirkan narasumber Muawwin (Penulis & Co-Founder Akademia Virtual Media), Yusuf Mars (Pemimpin Redaksi PadasukaTV & Direktur Eksekutif ITF), Musta'in Ahmad (Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah) sebagai Keynote Speaker dan Chintia Karani (Miss Earth Indonesia 2019) sebagai Key Opinion Leader. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment