News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Anggota DPR RI Sukamta: Jangan Terpaku Gadget, Olahraga Juga Penting

Anggota DPR RI Sukamta: Jangan Terpaku Gadget, Olahraga Juga Penting



Anggota Komisi I DPR RI Sukamta


WARTAJOGJA.ID : Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menyoroti dampak perkembangan teknologi yang mempengaruhi perilaku dan budaya masyarakat di era digital ini.

"Kemajuan teknologi informasi membuat manusia semakin sedikit melakukan aktivitas gerak, berbagai sektor terdigitalisasi, hampir semua pekerjaan dilakukan hanya dari depan komputer karena kini pikiran yang bekerja,” ujar Sukamta saat 
berbicara pada Seminar IKP Kominfo RI bertema Eksistensi Olahraga pada Era Digital dan Pandemi Covid 19, Jumat (15/10/2021).

Anggota Fraksi PKS dari Dapil DIY ini membeberkan temuan organisasi kesehatan dunia (WHO) pada 2016 yang melansir survei tren global remaja. 1,6 juta pelajar dari 106 negara. Dari situ diketahui 81 persennya tidak melakukan aktivitas fisik setidaknya satu jam sehari.

“Bayangkan anak muda dalam satu hari bergerak kurang dari satu jam. Fungsi fisik tidak berkembang maksimal. Dalam survei ini mager rata-rata larinya ke gadget,” kata dia.

Tidak diketahui pasti obesitas itu disebabkan kecanduan gadget atau malas gerak karena gadget. “Seperti telur dengan ayam,  yang jelas ada korelasinya dengan gadget, apalagi ngemil sambil main gadget,” ujar Sukamta.

Obesitas secara otomatis mempercepat munculnya penyakit degeneratif pada usia relatif muda. Negara-negara seperti Vietnam, Kamboja, India mengalami problem serupa. 

Di Indonesia obesitas angkanya meningkat dua kali dan dianggap mengkhawatirkan.

Sukamta pun mengajak anak-anak muda gemar berolahraga. Perlu diingat, manfaat olahraga tidak untuk memperpanjang usia karena umur seseorang sudah ditakdirka oleh Allah SWT. 

“Olahraga adalah bentuk rasa syukur kita menjaga fisik. Semua nikmat Tuhan harus disyukuri,” kata doktor Teknik Kimia lulusan Inggris ini.

Iamencontohkan, di London hampir semua jalan protokol terdapat jalur sepeda. “Di sini buat jalan sepeda diprotes,” ucapnya.

Direktur Tata Kelola Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Hasyim Gautama, menyampaikan pada masa pandemi seperti saat ini menjaga kebugaran tubuh sangat penting, bisa berupa senam ringan, jalan kaki atau olahraga yang sifatnya untuk senang-senang.
“Daripada naik lift, lewat tangga,” kata Hasyim mencontohkan aktivitas dirinya saat berada di kantor. Seminar kali ini juga dihadiri Dony Adhika, youtuber yang juga influencer olahraga. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment