News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pusat Ijinkan Bioskop Buka, Sultan HB X: Tak Masalah Kalau Ada Yang Mau Tanggung Jawab

Pusat Ijinkan Bioskop Buka, Sultan HB X: Tak Masalah Kalau Ada Yang Mau Tanggung Jawab


Sultan HB X (ist)

Yogyakarta: Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X belum memberi restu pembukaan bioskop di wilayahnya meski pemerintah pusat mengijinkan dan status PPKM di Yogyakarta sudah turun ke Level 3.

"Untuk bioskop nantilah, itu kan tempat berkumpul, jangan membuka ruang-ruang seperti itu dulu," ujar Sultan di Yogyakarta 15 September 2021.

Sultan mengatakan sebenarnya pihaknya tak masalah dengan ketentuan bioskop yang diijinkan beroperasi di masa PPKM Level 3 ini. 

"Yang penting bagi saya itu, siapa yang mau bertanggungjawab (jika terjadi penularan kasus Covid-19),"ujar Raja Keraton Yogyakarta itu.

Sebelumnya Koordinator PPKM Level Jawa-Bali Luhut Pandjaitan menyampaikan sejumlah pelonggaran dalam perpanjangan PPKM Level hingga 20 September 2021. Salah satunya bioskop boleh buka di wilayah dengan PPKM level 2 dan 3 dengan kapasitas maksimal.50 persen dan aksesnya memakai aplikasi PeduliLindungi.

Namun, Sultan tak mau di Yogyakarta muncul tren asal-asalan membuka ruang berkumpul masyarakat, tapi setelah didalami, tak ada pihak yang mau bertanggungjawab jika kasus Covid-19 melonjak lagi.

"Kalau waton (asal) buka, terus terjadi penularan dan pas ditanya, siapa yang bertanggungjawab lalu jawabannya 'Wah kulo boten' (Wah, bukan saya), kan repot," kata Sultan.

Sultan menuturkan, hal serupa ia terapkan untuk desakan berbagai pihak agar Yogya membuka destinasi wisata. 

Sultan menegaskan ia sama sekali tak akan melarang destinasi dibuka di masa PPKM Level 3 Yogyakarta sepanjang ada yang mau diminta pertanggungjawaban jika wilayah itu kembali ke zona merah. Seperti Juli-Agustus lalu.

"Ternyata tak ada yang bersedia bertanggungjawab, ya sudah kalau begitu, lebih baik tak usah dibuka dulu wisata," ujar Sultan.

Sultan menambahkan, saat ini posisi DIY memang masih sangat berhati hati dalam memberi keputusan dengan status PPKM Level 3. Kelonggaran aktivitas yang diberikan hanya sedikit saja agar tak menjadi eforia.

Sultan pun bercermin ketika wisata Yogya yang masih ditutup semua di masa PPKM Level 4 lalu tapi wisatawan tetap saja terus berdatangan meskipun kecele menemukan destinasi masih tutup.

"Kami tidak akan buka wisata secara penuh dulu, tapi ujicoba bertahap. Sebab nanti kalau kasus di Yogya melonjak lagi, paling paling bisanya cuma bilang 'Oh, kok naik lagi ya' tapi kita yang pusing," ujar Sultan.

Sultan tak mau PPKM Level 3 Yogya harus gagal dalam perjalanannya untuk turun lagi menuju Level 2. Mengingat kasus Covid-19 sampai awal pekan ini masih sangat fluktuatif yang ditunjukkan dengan perkembangan kasus baru harian, baik yang sembuh, meninggal dunia, dan yang bertambah.

"Menurunkan level PPKM itu susah," ujar Sultan. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment