News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mengeliat di Masa Pandemi, Transformasi Digital Syarat Mutlak UMKM

Mengeliat di Masa Pandemi, Transformasi Digital Syarat Mutlak UMKM





BATANG : Kalangan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tak bisa menghindar dari era transformasi digital, karena perubahan itu menjadi kunci dari ketatnya persaingan.

 “UMKM menjadi inti dari pergerakan roda ekonomi sebuah negara, terlebih dengan adanya pandemi Covid-19 saat ini,” ujar dosen DKV Universitas Sahid Surakarta Ahmad Khoirul Anwar  saat menjadi pembicara webinar literasi digital bertema "Transformasi Digital UMKM untuk Menghadapi Pandemi Covid 19" yang digelar Kementerian Kominfo untuk masyarakat Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (8/9/2021).

Dalam webinar yang diikuti ratusan peserta itu, Anwar mengatakan, pandemi dianggap sebagai momok bagi banyak kalangan mulai dari pekerja, pengusaha, dan pelaku usaha mikro. Sudah menjadi rahasia umum bahwa UMKM merupakan bidang bisnis yang cukup rentan di tengah pandemi Covid ini.

“Pasalnya banyak UMKM yang secara modal tidak cukup kuat untuk menghadapi kerugian operasional secara terus-menerus,” kata Anwar. 

Anwar menyebut konektivitas dan layanan internet menjadi modal utama bagi semua sektor bisnis, terutama UMKM, dalam mengadopsi lebih banyak platform digital untuk meningkatkan kapasitas bisnis mereka di tengah pandemi Covid 19 ini. Saat ini semua sektor menghadapi tantangan yang kian berat, namun di saat yang sama transformasi digital justru bergerak begitu cepat. Di sinilah intinya bahwa pelaku usaha UMKM itu memerlukan bantuan, memerlukan kesempatan kolaborasi, dan  memerlukan infrastruktur yang mendukung. 

“Transformasi digital dapat dilakukan dalam berbagai aspek bisnis mulai dari pemasaran hingga produksi, transformasi digital dalam dunia usaha ini bisa mengacu pada proses dan strategi penggunaan teknologi dalam kegiatan operasional, sehingga mengubah cara bisnis koperasi dan melayani pelanggan,” ujar Anwar.

Anwar mengingatkan, pelanggan menginginkan layanan serba cepat, sehingga siapa yang memberikan pelayanan terbaik akan berhasil merebut pasar. UMKM pun memiliki beberapa sektor sederhana untuk digitalisasi itu mulai dari pembukuan, kasir, mengatur stock barang, marketing sampai menjawab pertanyaan pelanggan. Berbagai cerita sukses transformasi digital dalam meningkatkan omzet bisnis sangat banyak contohnya. Seperti halnya Gojek, Grab, Tokopedia, Shopee dan lain-lain. 

Anwar menegaskan, UMKM yang telah melakukan transformasi digital, terutama dengan memanfaatkan digital platform yang ada, tentunya diuntungkan di tengah hantaman pandemi seperti sekarang ini. Untuk bertahan di masa pandemi Covid-19, salah satu strategi yang dapat dilakukan UMKM dengan bergabung ke dalam kanal marketplace atau berjualan dan memasarkan produknya secara digital melalui platform e-commerce.

Tantangan bagi UMKM di masa pandemi Covid ini karena kurangnya pengetahuan terhadap keuntungan dan penggunaan instrumen digital. Seringkali adopsi digital pelaku UMKM juga berjalan lambat dan kesiapan infrastruktur digital pendukung di berbagai daerah yang masih timpang. UMKM pun seringkali masih enggan keluar dari zona nyamannya.

Padahal, dari sisi peluang, UMKM dapat meningkatkan pengetahuan teknologi dengan menentukan platform digital. Dengan digitalisasi, maka strategi pemasaran yang jitu akan lebih dapat tercapai dan menumbuhkan semangat. 

Narasumber lain dalam webinar kali ini, Wakil Pemred Betanews.id Kholistiono menuturkan, dalam mendigitalisasi usahanya, pelaku UMKM juga perlu mengamankan diri dari kejahatan siber. 

Langkah-langkahnya, antara lain, menjaga data dengan cara mengamankan aset perangkat pencatatan dan pencadangan data digital, juga kenali perangkat kerja. Lalu rutin periksa akses, pastikan mengenal akses data batasi limit admin UMKM. Lakukan pengawasan rutin dan update atau mutakhirkan software serta perangkat. “Perlu strategi yang cermat untuk dapat menjaga usaha UMKM dari serangan kejahatan siber yang dapat berakibat fatal,” kata Kholistiono. 

Dimoderatori Dimas Satria, webinar ini juga menghadirkan narasumber: Pendamping UMKM Mikro Misbahul Munir, Kepala Dinas Perindagkop UMKM Subiyanto serta Masayu Dewi selaku key opinion leader.(*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment