News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Belum Restui Semua Sekolah Tatap Muka, Sultan HB X : Kami Hanya Sangat Berhati-Hati

Belum Restui Semua Sekolah Tatap Muka, Sultan HB X : Kami Hanya Sangat Berhati-Hati



Sultan HB X

Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hingga saat ini belum mengijinkan seluruh sekolah menggelar tatap muka meski kebijakan itu memungkinkan. 
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menuturkan soal keputusan pembelajaran tatap muka, pihaknya mengakui memang mengambil keputusan dengan sangat hati-hati. 
“Soal kebijakan tatap muka sekolah, kami hati-hati, dengan ketentuan kami bahwa (siswa dan guru) harus sudah divaksin semua,” ujar Sultan dalam pernyataannya melalui laman resmi Pemda DIY saat menggelar rapat koordinasi virtual bersama pemerintah pusat dari Yogyakarta Rabu sore 29 September 2021.
Sultan menjelaskan kebijakan sekolah tatap muka yang masih direm ini semata karena pihaknnya sangat berhati-hati agar tak meningkatkan potensi penularan Covid-19 kembali. Kebijakan itu, menurut Sultan, juga bukan berarti menentang keputusan pemerintah pusat. 
“Kami berharap semoga setelah dua pekan ini akan ada banyak kemajuan untuk bisa dilakukan secara lebih (banyak sekolah),” ujar Sultan.
Dalam kesempatan tersebut Sultan menuturkan vaksin untuk pelajar usia 12 -18 tahun di Yogyakarta baru mencapai 84,30 persen. Sedangkan vaksin untuk guru dan tenaga pendidikan sebanyak 92,44 persen.
Sultan mempresiksi ke depan Yogyakarta juga bakal membutuhkan stok vaksin lebih banyak. Hal ini disebabkan sudah mulainya para mahasiswa dari luar daerah berdatangan untuk kembali mengikuti perkuliahan secara tatap muka yang rencananya digelar kampus-kampus awal Oktober ini.
“Mahasiswa ini yang kemungkinan belum divaksin di daerah asalnya, jadi mau tidak mau Yogya yang akan memfasilitasi vaksinasi itu, sehingga kebutuhan vaksi akan meningkat dari rencana semula 2,8 juta target penduduk,” ujar Sultan. 
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam rapat koordinasi itu menyetujui usulan Sultan HB X untuk menambah jumlah vaksin di Yogyakarta. 
“Soal tambahan vaksin dari Sultan, kami kira masuk akal karena mahasiswa dari luar mungkin masih banyak yang belum divaksin,” ujar Luhut yang kemudian meminta Menteri Kesehatan Budi Gunawan segera untuk memenuhi kebutuhan tersebut. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment