News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

HUT Kemerdekaan RI ke-76, KPPI DIY Ziarah dan Tabur Bunga ke Makam Pahlawan Kusumanegara

HUT Kemerdekaan RI ke-76, KPPI DIY Ziarah dan Tabur Bunga ke Makam Pahlawan Kusumanegara


KPPI DIY peringati HUT Kemerdekaan RI-76 dengan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara Selasa (17/8/2021)

WARTAJOGJA.ID : Organisasi Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) DIY memperingati HUT Kemerdekaan RI-76 dengan menggelar ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara Selasa 17 Agustus 2021 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

Dipimpin Ketua KPPI DIY periode 2021-2026 Yuni Satia Rahayu, tak kurang 50 perwakilan KPPI DIY itu memanjatkan doa bersama sekaligus tabur bunga di TMP Kusumanegara yang tercatat memiliki 1996 makam pahlawan, di mana 4 makam diantaranya makam pahlawan nasional yaitu Panglima Besar Jendral Soedirman, Jendral Oerip Soemohardjo, Menteri Soepeno dan dr Sardjito. 

Selain itu di TMP Kusumanegara itu juga terdapat dua makam pahlawan Revolusi yaitu Brigjen Katamso dan Kolonel Soegiono.

"Dalam kegiatan ziarah dan tabur bunga ini tanggal 17 Agustus ini kami memperingati dua hal, pertama hari kemerdekaan RI ke 76, sekaligus hari lahir KPPI yang ke 21 karena KPPI  lahir 17 Agustus tahun 2000," kata Ketua KPPI DIY Yuni Satia Rahayu di sela ziarah dan tabur bunga.

Yuni yang juga anggota DPRD DIY itu mengatakan dalam ziarah itu KPPI DIY ini, mereka ingin memanjatkan doa sembari mengenang jasa para pahlawan agar dalam melangkah ke depan tidak pernah melupakan apa yang sudah diperjuangkan para pahlawan dalam memerdekakan negeri.

"Dalam situasi sulit pandemi Covid-19 ini, dan juga masa PPKM yang masih diperpanjang, mari kita terus bersama saling bahu-membahu meneladani para pahlawan yang dulu berjuang bersama meraih kemerdekaan. Kami berdoa pula para keluarga pahlawan dan masyarakat luas terus diberi kesehatan dan bangkit serta bersemangat membawa spirit kemerdekaan," tegas Yuni.

Yuni mengatakan KPPI DIY tidak hanya menggelar ziarah saja pada peringatan kemerdekaan ini. KPPI DIY juga tengah mempersiapkan seminar pada 21 Agustus 2021 nanti yang khusus mengulas penanganan pandemi Covid-19 yang menghadirkan pembicaraan Sosiolog UGM Dr. Ari Sudjito dan Dr. Azizah.

"Dari hasil pembahasan semibar itu akan kami jadikan rekomendasi kepada pemerintah agar menjadi masukan dalam penanganan Covid-19 khususnya di DIY," kata Yuni.


KPPI DIY peringati HUT Kemerdekaan RI-76 dengan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara Selasa (17/8/2021)

KPPI DIY menyoroti masih banyak hal perlu didorong bersama pemerintah dalam penanganan pandemi ini.

Pertama masalah penyerapan anggaran, bagaimana agar anggaran besar yang sudah teralokasikan dapat dimaksimalkan untuk penanganan dampak Covid-19.

"Harapan kami kan angka para penderita Covid-19 yang masih tinggi di DIY ini bisa benar benar turun, jadi kami akan mendorong pemerintah, apa yang bisa dilakukan bersama, sehingga bisa bahu membahu bersama masyarakat," kata Yuni.

KPPI DIY mencatat dari catatan mereka, penyerapan anggaran untuk penanganan Covid-19 dari dinas kesehatan di tingkat provinsi masih relatif kecil. Begitupun yang dialami dinas-dinas pemerintah yang lain.


KPPI DIY peringati HUT Kemerdekaan RI-76 dengan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara Selasa (17/8/2021)

"Sektor kesehatan itu masih perlu mendapatkan perhatian, padahal sekarang ini kan selain penanganan dari sisi kesehatan, kita juga harus mulai bergerak mendorong pemberdayaan ekonomi karena sektor UMKM di DIY seluruhnya terdampak dan butuh segera mendapat pendampingan dan bantuan anggaran," kata Yuni.

KPPI DIY pun meminta agar selain mengandalkan bantuan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah juga bergerak cepat mempersiapkan pelapis bantuan di tingkat daerah..

"Di DIY ada APBD dan Dana Keistimewaan, ini kami harap segera dioptimalkan untuk membantu penanganan dan pemberdayaan ekonomi kawan-kawan UMKM terdampak agar bisa segera bangkit," kata Yuni.

KPPI DIY mengingatkan dua penggerak utama ekonomi di DIY yakni sektor pendidikan dan pariwisata saat ini masih terpuruk akibat pandemi. Di sinilah Pemerintah DIY bisa memaksimalkan anggaran dari APBD dan Dana Keistimewaan untuk melapisi bantuan pusat.



KPPI DIY peringati HUT Kemerdekaan RI-76 dengan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara Selasa (17/8/2021)

"Gubernur DIY dan Ketua DPRD DIY juga sudah menginstruksikan, khususnya dana keistimewaan segera diberikan ke setiap desa agar penanganan Covid-19 segera merata dari tingkat bawah. Agar untuk penanganan tidak hanya mengandalkan provinsi dan kabupaten, tapi juga melibatkan partisipasi desa dan masyarakat," pungkas Yuni. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment