News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Berpikir Kritis, Cara Aman Melawan Ujaran Kebencian

Berpikir Kritis, Cara Aman Melawan Ujaran Kebencian




Brebes - Warganet Indonesia berdasarkan survei yang dilakukan oleh Microsoft pada 2020 menjadi penduduk digital yang tak ramah se-Asia Pasifik. Faktor penyebabnya datang dari berbagai hal, termasuk banyaknya penyebaran hoaks hingga ujaran kebencian. Hal ini tentu menjadi concern untuk diperbaiki, salah satunya dengan memahami literasi digital. 

Literasi digital saat ini juga menjadi perhatian pemerintah Indonesia, dan tengah disosialisasikan melalui kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Program nasional ini ditujukan untuk menciptakan masyarakat yang cakap menggunakan teknologi informasi dan komunikasi di era perubahan teknologi digital. Literasi digital yang diusung mencakup empat pilar: digital culture, digital ethics, digital safety, dan digital skill. 

Kegiatan webinar tersebut salah satunya yang digelar pada Selasa (27/7/2021) untuk masyarakat Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Dimas Satria (MC) memandu jalannya acara dengan menghadirkan sejumlah narasumber yang cakap pada bidangnya: Zain Handoko (pengajar pesantren Aswaja Nusantara), Tauchid Komara (dosen UGM Yogyakarta), Ziaulhaq Usri (pengajar Global Islamic School 3 Yogyakarta), Aulia Putri Juniarto (Kaizen Room). Juga hadir Fajar Gomez (tv presenter) sebagai key opinion leader dalam diskusi.

Dari perspektif keamanan digital atau digital safety, Zain Handoko, mengatakan, kecakapan keamanan digital penting agar menciptakan keamanan dan kenyamanan saat menggunakan teknologi informasi dan komunikasi digital. Sebab media sosial banyak ditemui perilaku ujaran kebencian yang menyakiti pengguna lainnya. 

"Keamanan digital meliputi pengamanan pada perangkat keras dan piranti lunaknya serta pengamanan identitas diri, dapat mewaspadai penipuan digital, memahami rekam jejak, juga memahami keamanan digital bagi anak. Pengamanan ini penting agar aman dan nyaman bagi, antar, dan antara pengguna media digital," jelas Zain. 

Ujaran kebencian menjadi topik yang sangat dekat dalam interaksi di media sosial. Ujaran yang mengandung kebencian, menyerang, berkobar-kobar yang dimaksudkan untuk menimbulkan dampak tertentu itu dapat memicu orang melakukan kekerasan, menyakiti orang maupun kelompok lain.  

Bentuk ujaran kebencian atau penghinaan dapat berupa pencemaran nama baik, seperti hoaks dan penistaan, atau perbuatan tidak menyenangkan seperti memprovokasi. Ia mencontohkan kasus yang dialami tokoh agama Gus Muwafiq dalam kasus ujaran kebencian berupa potongan video yang disorotkan pada penghinaan nabi. 

Kasus ini berbuntut sangat panjang dan dapat dipelajari bahwa dalam membagikan informasi haruslah lengkap agar tidak menimbulkan persepsi yang salah. Sebab, konteksnya dalam video itu Gus Muwafiq bercerita tentang masa kecil nabi yang sebenarnya tidak berbeda dengan anak kecil pada umumnya.

"Maka langkah menghadapi ujaran kebencian adalah dengan berbicara soal toleransi, menghargai perbedaan, mengoreksi persepsi yang salah, menjelaskan risiko perbuatan menyimpang, dan berpikir kritis dalam menyikapi suatu informasi," jelas Zain kepada 200-an peserta diskusi. 

Di sisi lain, Ziaulhaq Usri menambahkan, sebagai warga Indonesia dan warganet hendaknya menanamkan budaya Pancasila baik di kehidupan nyata maupun dunia maya. Sebab di dalam Pancasila sudah terangkum nilai-nilai kebaikan yang dapat menghindarkan dari perilaku tidak baik. 

"Menanamkan cinta kasih dan menghargai perbedaan, memperlakukan orang lain dengan adil, mengutamakan kepentingan Indonesia, demokratis dan  bersama-sama membangun ruang digital yang aman dan etis," jelas Ziaulhaq. 

Literasi digital mengajarkan kita untuk dapat bertindak dan berpikir kritis, mampu menyaring informasi.  Menghindari unfollow atau unfriend untuk menghindari echo chamber dan filter bubble, serta bergotong royong mengkampanyekan literasi digital. 

"Karena you are more amazing than you think. Ketika kita sudah punya pola pikir yang bagus dan kritis maka tanamkan itu dalam diri tidak perlu sungkan selama itu baik dan bermanfaat," pungkasnya. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment