News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Webinar Nelnet International : Pendidik Didorong Cepat Beradaptasi

Webinar Nelnet International : Pendidik Didorong Cepat Beradaptasi


Nelnet International menggelar webinar pendidikan bertema 'The Future of Our Children K-12 Schools in the Age of Covid-19', Rabu (9/6)

WARTAJOGJA.ID: Nelnet International, penyedia platform pendidikan dan pembayaran terkemuka menggelar webinar pendidikan bertema 'The Future of Our Children K-12 Schools in the Age of Covid-19', Rabu (9/6). 

Webinar itu menghadirkan sejumlah pembicara ahli di dunia pendidikan seperti Rektor Universitas Amikom Yogyakarta Prof Dr M Sutanto MM, Duta Besar Indonesia untuk Australia Y Kristiarto Legowo, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah NU DIY KH Fahmi Akbar Idries, dan President Indonesia Australia Business Council (IABC) Goerge Iwan Marantika.

Pembicara lain, Rebecca Hall (Commissioner for Victoria South East Asia, Victoria Govt), DeeAnn Wenger (President at Nelnet Business Solutions), Joseph Egan selaku host (EVP, Global Solutions, Nelnet International) dan Mark Wile (Executive Vice President FACTS International).

"Ada sesuatu yang hilang ketika pembelajaran dilakukan melalui virtual atau online, tanpa bertemu secara fisik dengan sesama siswa, teman, dan gurunya. Kondisi ini menjadikan pembentukan karakter, nilai dan sikap sangat sulit dipelajari jika hanya secara online," kata Wakil Ketua Pimpinan Wilayah NU DIY KH Fahmi Akbar Idries.

"Jika pendidik tidak bisa beradaptasi dengan situasi yang disebabkan oleh pandemi, maka anak-anak berpotensi menjadi 'generasi yang hilang'," kata Fahmi lagi. 

Para pelajar dan keluarga kini juga dihadapkan pada model pengajaran dan pembelajaran yang berbeda dari model-model sebelumnya.

Goerge Iwan Marantika mengatakan, orang tua yang sebelumnya mendelegasikan banyak tanggung jawab untuk belajar kepada guru dan sekolah, sekarang diharapkan memainkan peran yang lebih banyak dalam pendidikan anak-anak mereka. 

"Di era pandemi Covid-19, peran orang tua ditunutu lebih banyak dalam mendampingi belajar anak termasuk perkembangan sosial dan spiritual mereka," kata George Marantika.

DeeAnn Wenger menuturkan, Nelnet International bekerja dengan lebih dari 11.000 sekolah di seluruh dunia untuk membantu mereka membangun institusi yang gesit dan berfokus pada masa depan. Menurut dia, penyedia pendidikan di seluruh Indonesia terus menyesuaikan diri dengan realitas baru pembelajaran di tahun 2021 dan seterusnya.

"Nelnet International sangat senang menjadi bagian dari perbincangan tentang masa depan pendidikan dasar dan menengah serta perkembangan anak-anak kita secara lebih luas." katanya.

Webinar ini merupakan rangkaian dari kegiatan Forum Pemimpin Pendidikan Internasional Nelnet di Indonesia. Dalam kegiatan ini, Nelnet International bermitra dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Kedutaan Besar Republik Indonesia (Australia), NU, Indonesia Australia Business Council (IABC) dan Global Victoria, serta Universitas Amikom Yogyakarta. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment