News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wakil Ketua DPRD Kota Dhian Novitasari : Terus Monitoring PPDB 2021

Wakil Ketua DPRD Kota Dhian Novitasari : Terus Monitoring PPDB 2021


Wakil Ketua DPRD Kota Yogyakarta Dhian Novitasari (kanan) saat berbicara dalam diskusi dan sosialisasi PPDB 2021 bersama Dikpora Kota Yogyakarta Senin (31/5)

WARTAJOGJA.ID : Wakil Ketua DPRD Kota Yogyakarta Dhian Novitasari menyatakan DPRD Kota Yogyakarta bakal terus memonitor pelaksanaan 
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021 yang tahapannya dimulai bulan Juni ini.

Dhian mengungkapkan, dari hasil diskusi yang dihadirinya bersama Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta terkait PPDB 2021, telah mengerucut sejumlah hal yang perlu menjadi perhatian masyarakat. 

"Sosialisasi PPDB tahun 2021 secara maraton yang dilakukan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga bersama DPRD Kota Yogyakarta sebagai mitra kerja bersama semua unsur masyarakat termasuk kepala sekolah, guru-guru di 14 kemantren bertujuan agar proses PPDB 2021 bisa bermanfaat," kata Dhian usai diskusi tersebut.

Dhian mengungkapkan, kondisi masa pandemi Covid-19 yang belum mereda seharusnya memang tidak menyurutkan proses persiapan PPDB tahun ini sehingga pihaknya selaku pimpinan DPRD Kota bersama Dinas Pendidikan Pemkot Yogya melakulan secara daring/virtual zoom meeting untuk sosialisasi itu.

Dhian menjelaskan PPDB tahun ini mengacu sistem RTO (real time online) yang akan diselenggarakan dari tanggal 15 - 16 Juni 2021 untuk jenjang SD yang dibagi 2 zona. Untuk
zona 1 diperuntukkan bagi penduduk Kota Yogya di 14 kemantren dan untuk zona 2 penduduk luar Yogya. 

"Untuk PPDB jenjang SMP dibagi 4 klasifikasi," kata Dhian.

Ia merinci, kuota sebesar 59% berdasar zonasi wilayah dan zona mutu 2.20% prestasi PPDB bibit unggul dan PPDB prestasi zona 2, lalu 3.16% afirmasi untuk KMS dan disabilitas. Sedankan kuota 4.5% untuk perpindahan ortu/ wali.

"Bapak ibu orangtua wali murid yany akan mempersiapkan anak-anaknya bisa juga membuka link pendaftaran online http://yogya.siap-ppdb.com sehingga bisa mengetahui jadwal masing-masing klasifikasi dalam PPDB SMP, yang tentunya berbeda-beda dalam waktu pendaftaran tanggalnya," kata dia.


Wakil Ketua DPRD Kota Yogyakarta Dhian Novitasari (kanan) saat berbicara dalam diskusi dan sosialisasi PPDB 2021 bersama Dikpora Kota Yogyakarta Senin (31/5)

Politikus Partai Gerindra itu berharap dengan adanya sinergi sosialisasi antar stakeholder melibatkan dan dimonitor DPRD Kota Yogya, ke depannya PPDB yang dilakukan menjadi agenda rutin tiap tahunnya akan meminimalisir permasalahan di wilayah.

Dhian mengungkap dalam diskusi daring itu antusiasme masyarakat ortu wali murid yang mengikuti sosialisasi walaupun secara virtual cukup tinggi. 

"Ini menandakan bahwa PPDB 2021 ini diharapkan anak-anak didik di Kota Jogja bisa masuk di sekolah-sekolah impiannya. Khususnya sekolah-sekolah negeri di bawah naungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga," pungkas Dhian.

Dhian menyatakan pihaknya bersama segenap jajaran DPRD Kota Yogya akan terus memonitor pelaksanaan PPDB tahun ini dan mengawal agar pelaksanaannya lancar tanpa kendala. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment