News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Disbud DIY dan Pepadi Siapkan Pementasan Wayang Rutin Terapkan Prokes

Disbud DIY dan Pepadi Siapkan Pementasan Wayang Rutin Terapkan Prokes


Pementasan wayang kulit Pepadi di Disbud DIY Kamis (10/6)

WARTAJOGJA.ID : Dinas kebudayaan DIY bekerjasama denga PEPADI(Persatuan Pedalangan Indonesia) menyelenggarakan pementasan wayang kulit yang dimulai pukul 17:00 sampai dengan pukul 23:00.

Acara ini digelar rutin setiap bulan sekali oleh dinas kebudayaan DIY dengan menggunakan anggaran danais yang dilakukan secara bergilir di 4 kabupaten 1 kota yang ada dijogja.

Ki Suwondo yang juga seniman pedalangan  sebagai ketua umum dari pepadi menjelaskan bahwa untuk agenda ini merupakan rangkaian agenda dalam rangka festifal wayang nasional yang akan diselenggarakan nanti pada bulan Juli mendatang dengan menggunakan fasilitas anggaran dana keistimewaan.


Ki Suwondo


"Saya selaku ketua pepadi berterima kasih sekali kepada dinas kebudayaan DIY yang telah memfasilitasi kegiatan ini dengan anggaran dari danais.dan agenda ini pun merupakan agenda rutin kami pepadi setiap bulan satu kali dengan 12 dalang secara bergilir di 4kabupaten di Jogja bekerja sama dengan dinas kebudayaan DIY."ujar beliau.

Lebih lanjut Ki Suwondo menjelaskan Pepadi sebagai mitra kerja dinas kebudayaan DIY sebagai pelaksana dilapangan.

Pepadi sebagai organisasi Pedalangan Indonesia melakukan pendampingan dan pembinaan bukan hanya untuk wayang kulit saja,termasuk wayang golek, wayang beber dan tata sungging.Termasuk salah satunya agenda festival dalang cilik dan remaja yang juga merupakan salah satu pembinaan dan pendampingan dari pepadi dengan dinas kebudayaan DIY.

"Kita mengajukan konsep seperti agenda rutin pementasan wayang dan juga hari wayang dunia sesuai dengan yang diinstruksikan bapak jokowi tanggal 7 november nanti bahwa seluruh daerah harus ada peringatan untuk hari wayang, bapak Jokowi sudah mendeklarasikan bahwa untuk hari wayang sedunia ini digelar setiap tanggal 7 November. seperti tahun kemarin kita menggelar pementasan dengan 20 dalang sehari semalam,juga untuk festival dalang cilik dan remaja,ini salah satu wujud pembinaan kita dipepadi dengan menggunakan fasilitas anggaran dana keistimewaan"ucapnya

Diharapkan sesuai dengan himbauan gurbernur DIY melalui dinas kebudayaan DIY memacu supaya para seniman ini bisa meningkatkan kualitasnya dengan beradaptasi dan menyesuaikan mengikuti perkembangan jaman untuk bisa lebih menunjukkan eksistensi nya sebagai seniman profesi khusus nya pedalangan.

"Kalau kita sudah punya niat sebagai seniman profesi ya kita harus bisa beradaptasi,tetapi yang paling penting lagi kita jangan asal tampil,apa lagi diera globalisasi seperti sekarang, tentunya tetap sesuai dengan pakemnya atau sesuai dengan aturan yang sudah disepakati bersama kalau untuk pewayangan."tegasnya

Pepadi juga memberikan masukan untuk kreasi dalam pewayangan sesuai dengan pakemnya.karena pakem ini adalah sebuah kesepakatan bersama atau merupakan aturan yang sudah disepakati bersama untuk alur cerita penokohan dalam sebuah pementasan pewayangan,sesuai dengan substansi nya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment