News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Covid Meledak, Semua Pantai Bantul Tutup Sabtu-Minggu

Covid Meledak, Semua Pantai Bantul Tutup Sabtu-Minggu


Salah satu pantai di Bantul (ist)


WARTAJOGJA.ID : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul menutup tempat-tempat wisata yang dikelola oleh Pemkab saat akhir pekan, khususnya pekan ini dan pekan depan. 

Semua itu untuk mengurangi penyebaran COVID-19 yang kian masif di bumi Projotamansari.

"Oleh karena itu kebijakan Pemkab Bantul yang pertama akan menutup objek-objek wisata yang dikelola oleh Kabupaten pada hari Sabtu dan Minggu," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bantul Helmi Jamharis saat ditemui di Kompleks Parasamya Bantul, Kamis (17/6/2021).

Obyek wisata yang dikelola Pemkab Bantul diantaranya semua pantai selatan yang jadi bagian kabupaten itu.

Merujuk data dari Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul, objek wisata yang pengelolaannya di bawah Pemkab adalah kawasan Pantai Parangtritis, Pantai Samas, Pantai Goa Cemara, Pantai Pandansimo, Pantai Kwaru, Goa Selarong dan Goa Cerme

Hal tersebut mengacu Instruksi Bupati (Inbup) Nomor 15/instr/2021 tentang perpanjangan kesembilan pemberlakuan PPKM Mikro di Bantul yang diteken Bupati Bantul Abdul Halim Muslih pada tanggal 15 Juni. Inbup itu berlaku 2 pekan, sehingga nantinya pada tanggal 19-20 Juni dan tanggal 26-27 Juni tempat wisata tersebut tutup sementara.

"Kedua, untuk kegiatan hajatan itu tidak diperkenankan model jamuan prasmanan. Kemudian kegiatan seni budaya, pentas ditiadakan," ucapnya.

"Lalu untuk layanan perkantoran 75%, itu beberapa hal yang mendasar, dan untuk peribadatan di zona merah mohon dilaksanakan di rumah. Terus untuk sekolah tatap muka juga belum diperbolehkan," lanjut Helmi.

Menyoal pengawasan selama pemberlakuan Inbup tersebut, Helmi mengaku telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Mengingat banyak sektor yang perlu pengawasan selama bergulirnya Inbup baru ini.

"Forkompinda sudah berkomitmen menjaga kabupaten bantulnagar tidak ada lonjakan sehingga kemarin pak Kapolres (Bantul) lewat Wakapolres sudah siap back up Instruksi Bupati yang dikeluarkan," ujarnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment