News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ratusan Advokat Deklarasikan Pembentukan Forum Persaudaraan Advokat Yogyakarta

Ratusan Advokat Deklarasikan Pembentukan Forum Persaudaraan Advokat Yogyakarta


Deklarasi Forum Persaudaraan Advokat Yogyakarta (FPAY) di Hotel Inna Garuda Malioboro Yogyakarta, Kamis (27/05/2021) malam.

WARTAJOGJA.ID : Ratusan advokat dari perwakilan berbagai organisasi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menghadiri deklarasi Forum Persaudaraan Advokat Yogyakarta (FPAY) yang dipusatkan di Hotel Inna Garuda Malioboro Yogyakarta, Kamis (27/05/2021) malam.

Sejumlah organasasi advokat di DIY itu antara lain ada Persatuan Advokat Indonesia (Peradi), Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN), Kongres Advokat Indonesia (KAI), Asosiasi Advokat Indonesia (AAI), Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI) dan lainnya.

Sejumlah advokat senior juga turut datang dalam deklarasi itu seperti 
Hj.Titek Danumiharjo, Kamal Firdaus Lasdin Welas, Bastari Ilyias, juga Nadjib Gismar.


Ketua FPAY, Aprilia Supaliyanto SH.

Ratusan advokat di Yogya itu mendeklarasikan wadah baru yang menjadi pemersatu silaturahmi antar organisasi bernama Forum Persaudaraan Advokat Yogyakarta (FPAY).

“Perlu diketahui, FPAY ini bukan organisasi keadvokatan baru dan sifatnya terbuka bagi siapa saja, dari organisasi mana saja. Selama profesinya seorang advokat maka dia bisa bergabung dalam forum ini," kata Ketua FPAY, Aprilia Supaliyanto SH.

FPAY bisa menjadi wadah untuk menyambung tali silaturahmi advokat dari berbagai generasi karena diforum ini pengacara muda hingga  advokat senior berkumpul.

Lebih lanjut, Aprilia mengatakan tujuan utama wadah ini dibentuk lebih untuk memupus sekat-sekat antar organisasi profesi advokat sehingga advokat satu dengan lainnya bisa lebih bersatu padu mengurai dan mengawal permasalaham hukum di tanah air. 

"Advokat di Yogya secara kesejarahan memiliki hubungan kebersamaan erat meski berbeda organisasi. Namun belakangan kebersamaan itu memudar karena berbagai hal dan kepentingan, baik karena keberadaan organisasinya juga masalah politik, jadi perlu dikuatkan lagi tradisi kebersamaan itu. Tak boleh ada lagi sekat diantara advokat di Yogya, yang ada hanya rumah besar bernama FPAY ini,” kata dia.


Ratusan advokat hadiri Deklarasi Forum Persaudaraan Advokat Yogyakarta (FPAY) di Hotel Inna Garuda Malioboro Yogyakarta, Kamis (27/05/2021) malam.

Melalui forum FPAY itu, Aprilia berharap sinergi para advokat Yogya makin memberikan kontrobusi besar bagi negeri. 

“Advokat di Yogya harus bisa saling bersinergi, menyelesaikan permasalahan hukum ditingkat regional, yang bisa menjadi rujukan skala nasional dalam penyelesaian persoalan hukum yang muncul,” tegasnya.

Salah satu advokat senior Kamal Firdaus SH mengatakan dalam jiwa seorang advokat terdapat tanggungjawab besar untuk menegakkan hukum. 

"Semangat itu yang harus terus dimiliki oleh advokat sepanjang hidupnya, bahwa hukum harus ditegakkan dan mengawal hukum senantiasa berpihak kepada keadilan dan kebenaran,” katanya.


Deklarasi Forum Persaudaraan Advokat Yogyakarta (FPAY) di Hotel Inna Garuda Malioboro Yogyakarta, Kamis (27/05/2021) malam.

Dalam acara deklarasi FPAY itu ditandai pula dengan pembacaan petisi bersama yang melibatkan  seluruh perwakilan organisasi.

Berikut bunyi lengkap petisi itu:

Forum Persaudaraan Advokat Yogyakarta (FPAY)

Bismillahirrohmanirrohim, 
Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa  

Kami Advokat Yogyakarta, dilandasi oleh keinginan yang luhur serta semangat untuk membangun kebersamaan dan persaudaraan mempererat tali silaturahim antar advokat Yogyakarta, dengan ini kami mendeklarasikan terbentuknya Forum Persaudaraan Advokat Yogyakarta yang disingkat dengan FPAY, dimaksudkan sebagai wadah untuk berkumpul, berinteraksi, berkarya, berdemokrasi, berdiskusi dan lain-lain yang pada prinsipnya adalah forum ini juga dimaksudkan untuk mengembangkan nilai-nilai profesionalisme advokat,  mengembangkan pemikiran positif untuk dapat berkontribusi kepada  profesi advokat, masyarakat, bangsa dan negara khususnya dalam hal pengembangan, pembangunan, penegakan hukum, sosial, politik, ekonomi, dan hak asasi manusia 

Yogyakarta 27 Mei 2021 

atas nama 
Advokat Yogyakarta 

(Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment