News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Luas Penuhi Medsos Dengan Konten Positif

Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Luas Penuhi Medsos Dengan Konten Positif


Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Luas Penuhi Medsos Dengan Konten Positif (ist)

WARTAJOGJA.ID : Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat untuk membanjiri ruang digital dengan konten-konten positif. 

Sebab, menurut Presiden, hingga kini konten negatif masih terus bermunculan dan bahkan merajai ruang digital.

”Kewajiban kita bersama untuk terus meminimalkan konten-konten negatif. Membanjiri ruang digital dengan konten-konten positif. Banjiri terus. Isi terus dengan konten-konten positif,” kata Jokowi dalam peluncuran Program Literasi Digital Nasional yang disiarkan Kominfo, Kamis (20/5/2021).

Sejauh ini, konten-konten negatif di medsos terus bermunculan. Kejahatan di ruang digital terus meningkat. Hoaks, penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual pada anak, perundungan siber, ujaran kebencian, radikalisme berbasis digital perlu terus diwaspadai karena mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

Atas dasar itu,  Jokowi meminta agar kecakapan digital masyarakat ditingkatkan. 

Internet, kata dia, harus mampu meningkatkan produktivitas masyarakat. ”Jika kecakapan digital masyarakat meningkat, mereka akan mampu menciptakan lebih banyak konten kreatif yang mendidik, yang menyejukkan, yang menyerukan perdamaian.” 

Selain itu, lanjut Jokowi, internet harus mampu meningkatkan produktivitas masyarakat, membuat UMKM naik kelas. ”Perbanyak UMKM on boarding ke platform e-commerce, sehingga internet bisa memberi nilai tambah ekonomi bagi seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Jokowi menambahkan, literasi digital merupakan kerja besar. Menurut dia, pemerintah tidak bisa bekerja sendirian untuk memberikan literasi digital kepada masyarakat. Karena itu, Jokowi mengapresiasi 110 lembaga dan berbagai komunitas yang terlibat dalam program literasi digital nasional.

Dia berharap gerakan ini terus dilakukan agar masyarakat Indonesia semakin cakap dalam memanfaatkan internet. ”Perlu mendapatkan dukungan seluruh komponen bangsa agar semakin banyak masyarakat yang melek digital,” tegas Jokowi.

Di ujung sambutan, Presiden Jokowi berharap, gerakan literasi digital ini dapat menggelinding dan terus membesar. ”Juga, bisa mendorong berbagai inisiatif di tempat lain untuk melakukan kerja-kerja konkrit di tengah masyarakat agar semakin cakap memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif,” jelasnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment