News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

DPRD DIY Dorong Ada Perlindungan Petugas Penyekatan

DPRD DIY Dorong Ada Perlindungan Petugas Penyekatan


Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto 

WARTAJOGJA.ID: DPRD DIY memberikan sejumlah catatan terkait larangan mudik Lebaran Idul Fitri 1442 H.   

Salah satunya menyangkut kesejahteraan para petugas yang berada di lapangan.  

“Penyekatan masuk ke Yogyakarta sudah berjalan baik. Namun ada satu aspek perlu memperoleh perhatian yaitu perlindungan dan kesejahteraan petugas di lapangan. Ini harus menjadi atensi Pemda DIY,” kata Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto di DPRD DIY Senin (6/5).

Politisi PDIP itu menilai perlindungan dari aspek keselamatan saja tidak cukup melainkan perlu diperhatikan pula risikonya.  “Petugas harus dapat fasilitasi makanan dan minuman berkualitas serta APD total karena berdialog langsung dengan para pengemudi. Ada yang dibuka kaca mobilnya atau dialog di atas motor. Intinya ada tatap muka,” paparnya.  

Pos perbatasan, lanjut dia, berada pada jalan nasional dan provinsi serta perbatasan desa. Jumlah petugas pada setiap pos tidak sama karena disesuaikan berdasarkan arus keluar masuk.   

“Pos Prambanan pasti jumlahnya lebih besar,” tambahnya. Tidak hanya fokus pada besar kecilnya jumlah petugas, menurut dia, yang paling penting adalah kelengkapan komponen petugas terdiri dari unsur TNI, Polri serta Pemda. “Ada lagi, tim kesehatan,” kata dia.  

Eko menambahkan Pemda DIY perlu menjalin komunikasi dengan daerah lain. Dia mencontohkan DKI Jakarta sudah sosialisasi bagaimana mengurangi agar warga ibu kota tidak  keluar dari Jakarta. “Sudah berupaya tapi belum maksimal,” ucapnya. (Arifin)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment