News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Yogya Tetapkan 20 Situs Alam Ini Jadi Warisan Geologi

Yogya Tetapkan 20 Situs Alam Ini Jadi Warisan Geologi

 
Kawasan Gunung Sewu (ist)

WARTAJOGJA.ID : Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menetapkan 20 situs alam yang tersebar di empat kabupaten menjadi kawasan Warisan Geologi atau Geoheritage.

Hal ini menyusul setelah dari 22 situs yang diusulkan untuk ditetapkan sebagai Warisan Geologi kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang lolos sebanyak 20 situs.

"Seluruh lokasi yang diusulkan berada di wilayah administrasi Kabupaten Kulonprogo, Sleman, Bantul, dan Gunungkidul," kata 
Kepala Badan Geologi RI Eko Budi Lelono di Yogyakarta Rabu 21 April 2021. 

Situs situs itu antara lain di Kabupaten Kulon Progo ada Puncak  Tebing Kaldera Purba Suroloyo, Perbukitan Widosari, Formasi Nanggulan Eosen Kalibawang, Goa Kiskendo, dan Mangan Kliripan- Karangsari.

Sedangkan di Kabupaten Sleman ada Kompleks Perbukitan Instrusi Godean, Kompleks Batuan Merapi Tua Turgo- Plawangan Pakem, Aliran Piroklastik Bakalan, Tebing Breksi Piroklastik Purba Sambirejo, Rayapan Tanah Ngelepen, Lava Bantal Berbah, dan Batu Gamping Eosen

Adapun di Kabupaten Bantul situs yang lolos menjadi geoheritage adalah Sesar Opak Bukit Mengger, Lava Purba Mangunan, dan Gumuk Pasir Parangtritis.

Lalu di Kabupaten Gunungkidul ada Gunung Ireng Pengok, Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunung Genthong Gedangsari, Bioturbasi Kali Ngalang, dan Gunung Purba Siung-Batur-Wediombo.

Eko mengatakan tim telah melakukan 
pendataan dan pengumpulan informasi yang didapatkan saat verifikasi lapangan.

Kemudian dilakukan pembahasan dan pelaporan oleh tim terkait identitas lokasi, identifikasi komponen geologi unggulan, pengkriteriaan, pembandingan, dan rekomendasi pemanfaatan dalam bentuk matriks hasil identifikasi Situs warisan geologi (geoheritage) dan peta sebaran situs.

Dari proses pembahasan tersebut awalnya teridentifikasi 11 lokasi sebagai warisan geologi. Selanjutnya, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta mengusulkan lagi kepada Badan Geologi untuk menambahkan 9 lokasi Kawasan Cagar Alam Geologi untuk disertakan dalam proses usulan penetapannya.

Berdasarkan pertimbangan komponen geologi unggulan dan pengkriteriaan 20 lokasi warisan geologi, didapatkan hasil pembandingan 10 lokasi sebagai warisan geologi lokal, 9 lokasi sebagai warisan geologi nasional, dan 1 lokasi sebagai warisan geologi Internasional. 

"Seluruh lokasi perlu dilakukan upaya pelestarian dan perlindungan. Selain itu untuk menunjang pengembangan pendidikan dan peningkatan ekonomi masyarakat dari penilain 20 lokasi warisan geologi tersebut dapat dimafaatkan sebagai objek penelitian, pendidikan kebumian, dan pengembangan geowisata," katanya.

Daerah Istimewa Yogyakarta saat ini merupakan satu-satunya wilayah di Indonesia yang telah mendapatkan penetapan warisan geologi dan kawasan cagar alam geologi. 

Kepala Biro Pengembangan Infrastruktur Wilayah dan Pembiayaan Pembangunan (PIWPP) Setda DIY  Bambang Widhyo Sadmo mengatakan selain potensi positif kebumian dari situs warisan geologi itu, wilayah yang ditetapkan ini juga memiliki potensi negatif bencana geologi. 

"Sebagai contoh adanya aktifitas erupsi Gunung Merapi, gempa bumi, dan gerakan tanah," katanya. 

Namun demikian, fakta yang ada di lapangan menunjukkan bahwa seluruh pihak berkepentingan terutama masyarakat di wilayah ini telah memiliki pemahaman dan ketangguhan terhadap bencana geologi yang terus dikembangkan. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment