News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Yogya Tebar Diskon Besar-Besaran Warga Lokal Yang Mau Plesiran

Yogya Tebar Diskon Besar-Besaran Warga Lokal Yang Mau Plesiran


ilustrasi destinasi hit di Jogja (ist)

WARTAJOGJA.ID : Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan program khusus untuk menjaga geliat sektor wisata pasca munculnya larangan mudik lebaran yang berlaku sejak 22 April hingga 24 Mei 2021. 

Sebab pemerintah DIY tak rela, akibat adanya larangan mudik itu sektor wisata yang sudah terlanjur menggeliat kembali lesu karena tak ada kunjungan sama sekali. 
Terlebih di Yogya sendiri tersebar ratusan obyek wisata berbagai jenis yang merata di lima kabupaten/kota.
“Jadi untuk warga lokal DIY yang mau berlibur ke obyek-obyek wisata, untuk tiket masuk destinasi itu kami siapkan promo diskon mulai 20-30 persen,” ujar Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardjo di sela program vaksinasi pelaku wisata di Yogyakarta Senin 26 April 2021.

Untuk mendapatkan diskon masuk destinasi itu, Singgih mengatakan syaratnya tak sulit. Warga Yogya hanya diminta reservasi secara online melalui aplikasi Visiting Jogja milik Dinas Parwisata DIY. Di situ ada 127 destinasi yang terdaftar dan bisa dilakukan pembelian tiketnya secara online. 

“Dari 127 destinasi itu yang masih tutup hanya beberapa khususnya destinasi yang sifatnya indoor seperti museum, kalau sebagian besar kan destinasi alam, semua sudah beroperasi,” kata Singgih.
Untuk program diskon destinasi ini sendiri baru tahap finalisasi dengan perbankan pemerintah DIY dan rencananya akan mulai dijalankan saat masa larangan mudik utama berlaku 6-17 Mei 2021 nanti.

“Jadi misalnya ada warga Kabupaten Sleman mau ke Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul, harga tiket normal Rp 10 ribu didiskon jadi Rp 7 ribu saja,” kata Singgih.

Dinas Pariwisata DIY mencatat angka staycation atau liburan di dekat rumah yang terjadi kurun 2020 lalu, dimulai bulan Juli, datri total 2,8 juta kunjungan sebanyak 43 persen merupakan wisatawan dalam DIY.

"Jadi sebenarnya warga Yogya juga merupakan wisatawan yang baik, artinya mereka patuh untuk mentaati aturan mengurangi mobilitas di luar daerah,” ujarnya. 
Adanya program diskon masuk destinasi saat libur lebaran ini, ditargetkan dapatmeningkatkan angka liburan di dekat rumah ini. 
Sekretris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan selama masa larangan mudik, pihaknya terus mengantisipasi kedatangan wisatawan dari luar DIY.

“Kami bekerja sama dengan Pemerintah Jawa Tengah untuk penyekatan itu, dan yang mengunjungi wisata DIY hanya masyarakat DIY saja,” kata dia 
Aji mengatakan pihaknya tak mau kebobolan adanya lonjakan kasus akibat libur lebaran nanti. Sebab di Yogyakarta sendiri masih ada tiga RT yang saat ini berstatus sebagai zona oranye. 

“Warga dari zona oranye ini pun tidak boleh pergi ke mana-mana dan selalu dijaga satlinmas setempat,” kata Aji. (Var/Sal)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment