News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sido Muncul Salurkan Bantuan Korban Banjir NTT Rp 500 Juta Lewat Kemensos

Sido Muncul Salurkan Bantuan Korban Banjir NTT Rp 500 Juta Lewat Kemensos




Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat, menyerahkan langsung bantuan Rp 500 juta untuk korban banjir NTT kepada Mensos, (14/4). Foto: dok. Sido Muncul

WARTAJOGJA.ID : Banjir bandang yang melanda Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu (4/4) lalu, memakan banyak korban. Hingga Selasa (13/4), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut, jumlah korban tewas mencapai 178 orang dan 47 orang dinyatakan hilang.

Tak hanya itu, bencana alam ini juga menyebabkan kerugian materil. Ratusan rumah warga rusak ditambah banyak infrastruktur yang rata dengan tanah. Akibat kondisi tersebut, ribuan jiwa terpaksa mengungsi di tengah situasi pandemi.

Berangkat dari kondisi tersebut, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk., kembali memberikan bantuan uang senilai Rp 500 juta untuk para korban banjir bandang NTT. 

Bantuan itu diserahkan Irwan Hidayat selaku Direktur Sido Muncul kepada Menteri Sosial RI Tri Rismaharini di Gedung Kementerian Sosial, Jakarta Pusat, pada Rabu (14/4).

"Ini untuk kedua kalinya sejak Bu Tri Risma menjabat Mensos, Sido Muncul memberikan bantuan melalui Kemensos. Sebelumnya untuk korban Gempa Mamuju Majene, dan baru-baru ini ada bencana juga banjir bandang di NTT," kata Irwan.
Sebelumnya, Sido Muncul juga menyumbangkan dana senilai Rp 650 juta untuk korban banjir bandang di NTT. 

Bantuan diberikan melalui Benihbaik.com, Komunitas Muslim NTT Aisyiyah (Organisasi Perempuan Persyarikatan Muhammadiyah), Keuskupan Larantuka, dan Keuskupan Atambua. Menurut Irwan Hidayat, bantuan ratusan juta yang kembali diberikan lewat Kemensos ini merupakan bagian dari kepercayaan Sido Muncul akan kinerja pemerintah.


Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat, menyerahkan langsung bantuan Rp 500 juta untuk korban banjir NTT kepada Mensos, (14/4). Foto: dok. Sido Muncul


"Beberapa waktu lalu, kami menyumbangkan bantuan sebesar Rp 650 juta. Hari ini, kami kembali menyerahkan bantuan Rp 500 juta dan ini jadi bukti atau tanda kami percaya kepada pemerintah dalam memberikan bantuan sosial untuk kemudian disalurkan ke korban bencana di NTT," jelas Irwan.

Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini mengucapkan terima kasih atas kepedulian Sido Muncul yang turut berkontribusi untuk membantu korban banjir di NTT.

"Terima kasih untuk Sido Muncul memberikan bantuan untuk kedua kalinya. Atas nama pemerintah, kami dari Kemensos sangat berterima kasih atas sumbangannya. Kita membutuhkan terutama mempercepat perumahan korban bencana di NTT. Saya ingin segera warga di NTT bisa kembali ke rumah masing-masing karena sebelumnya mereka harus pindah sementara waktu," kata Risma.

Risma menambahkan, selain dalam bentuk uang tunai, bantuan juga diberikan dalam bentuk sembako, pembangunan rumah warga yang rusak, hingga konseling untuk menghilangkan atau meminimalisir trauma pascabencana.

Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat, menyerahkan langsung bantuan Rp 500 juta untuk korban banjir NTT kepada Mensos, (14/4). Foto: dok. Sido Muncul

"Tim kita juga ada di sana, ada untuk konseling dan healing anak-anak. Jadi mereka bertugas seperti itu untuk semua warga pasca bencana. Kami juga bekerjasama dengan para psikolog untuk berangkat ke sana," kata Risma.

"Saat ini, untuk kebutuhan makanan tim kita kan ada di sana juga. Ada yang kita kirim makanan juga dari tempat terdekat, di Surabaya juga, jadi menyebar ke seluruh area yang terkena dampak bencana dan kita lakukan terus menerus," sambungnya. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment