News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Lelang Yang Penuhi Kaidah dan Syarat Hukum Berlaku Perlu Segera Dikerjakan

Lelang Yang Penuhi Kaidah dan Syarat Hukum Berlaku Perlu Segera Dikerjakan


Ilustrasi Lelang (ist)

WARTAJOGJA.ID: Proyek-proyek lelang yang sudah memenuhi syarat dan kaidah serta ketentuan hukum yang berlaku sudah selayaknya untuk segera digarap dan dirampungkan.

Sebab jika tidak maka bisa berdampak pada terganggu atau tersendatnya kepentingan dan kebutuhan masyarakat. 

Hal itu diungkap oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Forum Rakyat Jogja (Fokja) dalam pandangannya soal proses lelang proyek pembangunan saluran bawah tanah (SBT) di Kabupaten Gunungkidul. 

Proses lelang yang dilaksanakan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu - Opak (BBWS SO) itu dari sejumlah informasi yang dihimpun telah memenuhi kaidah dan tak perlu ada yang diperdebatkan lagi.

Dalam proses lelang yang dilakukan pada awal tahun lalu muncul nama PT Aquatec Rekatama Konstruksi (ARK) sebagai pemenangnya. Proyek dengan pagu anggaran Rp 18,4 miliar itu akan menggarap SBT di kawasan Kapanewon Ponjong.

"Prosedur yang ditempuh PT ARK juga dokumen yang ada sejauh ini lengkap dan sesuai dengan syarat lelang yang ada," kata Sekretaris Fokja, Rina Kristanti di Yogyakarta, Rabu (7/4).

Dengan demikian, karena semua sudah dinilai lengkap dan sesuai prosedur, kata dia, maka hasil dari lelang itu tidak dapat diganggugugat maupun diambil alih pengerjaannya oleh rekanan lain. 

Atas hasil itu pula menurut Rina Kristanti tidak bisa dibatalkan kemenangannya karena PT ARK telah dipilih dan ditetapkan sah secara hukum perlelangan yang ada.

"Jadi tidak ada yang alasan untuk mempermasalahkan lagi hasil lelang tersebut. Semua tahapan telah dilalui hingga akhirnya muncul pemenang, proses lelang juga dilakukan secara transparan," imbuhnya.

Rina Kristanti menuturkan dari penelusurannya, perusahaan ini bukan nama baru dalam dunia pengerjaan proyek di tanah air. Reputasi PT ARK selama ini juga sangat baik dalam mengerjakan proyek-proyek penting milik pemerintah maupun swasta dengan skala yang besar.

Ia justru mendorong proyek SBT tersebut untuk segera digarap dan dirampungkan, karena ini menyangkut kepentingan masyarakat Gunungkidul. Alasan lain menurutnya, dana dari pemerintah harus segera diwujudkan dalam bentuk pembangunan wilayah guna memajukan daerah. (Rls/***)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment