News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

UPN "Veteran" Yogyakarta Jalin Kerja Sama Rekrutmen Tenaga Kerja Dengan Pura Group Indonesia

UPN "Veteran" Yogyakarta Jalin Kerja Sama Rekrutmen Tenaga Kerja Dengan Pura Group Indonesia

Jajaran Manajemen Pura Group Indonesia beraudiensi dan diterima langsung oleh Kepala UPT PKK UPNVY Danang Yudhiantoro, SE., M.Si., dan Ketua Jurusan Prodi Teknik Kimia FTI UPNVY Dr. Adi Ilcham, S.T., M.T., di Kampus UPNVY, Jalan Padjajaran, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta, Kemarin (24/3/2021).

WARTAJOGJA.ID: Pura Group Indonesia sebuah korporasi bisnis yang berkantor pusat di Kudus Jawa Tengah, saat ini sedang membutuhkan tenaga kerja dalam jumlah yang cukup besar. Kualifikasi yang dibutuhkan adalah lulusan dari Program Studi (Prodi) Teknik Kimia Fakultas Teknik Industri (FTI) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY).

Pura Group mencari kandidat terbaik untuk bergabung dengan tim di 30 lini dan unit produksinya. Yang antara lain bergerak di bidang Kertas Uang & Kertas Sekuriti, Smart Card, Anti Pemalsuan, Percetakan dan Kemasan, Pengolahan Lanjut Kertas dan Plastik, Bahan Industri Tembakau, Pembuatan Mesin, dan Konstruksi Jalan.

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang mendesak itu, Jajaran Manajemen Pura Group Indonesia beraudiensi dan diterima langsung oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (PKK) UPNVY Danang Yudhiantoro, SE., M.Si., dan Ketua Jurusan Prodi Teknik Kimia FTI UPNVY Dr. Adi Ilcham, S.T., M.T., di Kampus UPNVY, Jalan Padjajaran, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta, Kemarin (24/3/2021).

Forum Group Discussion (FGD) ini sekaligus merumuskan Program Kerja Sama Magang (Intership) dan Rekrutmen Tenaga Kerja (Campus Hiring) antara FTI UPNVY dan UPT PKK UPNVY dengan PGI.

Hadir dari Pura Group Indonesia adalah Recruitment Manager Ivarianie Virgiana, S.Psi, M.Psi, Psikolog, Kabid Recruitment Alnest Yanuar, S.Psi, Staf Recruitment Bagus Ariyanto Sutikno, S.TP, M.TP, dan HR Manager Unit TSS Eris Sanjaya, S.Psi.

Ivarianie Virgiana menyampaikan, budaya kerja di Pura Group adalah Inovasi dan Terobosan yang berkesinambungan di segenap jajaran perusahaan. Selama ini sudah banyak mahasiswa dan alumni UPNVY yang melakukan intership dan berkarir di Pura Group, namun mereka masih melamar secara mandiri.

"Pura Group merasakan lulusan UPNVY, khususnya dari Prodi Teknik Kimia, memiliki kualifikasi, dan kompetensi, serta etos kerja yang sangat baik. Maka, Pura Group merasa akan lebih baik jika mengambil inisiatif jemput bola dengan membuka rekrutmen secara langsung (Job Fair) di Kampus UPNVY, agar bisa lebih besar menyerap tenaga kerja," ujar Vava, sapannya.

Danang Yudhiantoro menyambut baik rencana kerja sama ini, dan harus segera ditindaklajuti untuk selanjutnya dituangkan dalam sebuah MoU. Sebagai informasi, sebelum Pandemi Covid-19, FTI UPNVY selalu melakukan Kunjungan Industri, salah satunya adalah ke Pura Group.

"Sejak pandemi, semua kegiatan Kunjungan Industri memang kami tiadakan dulu," ungkap Danang Yudhiantoro.

Sementara itu, Adi Ilcham menuturkan, selama ini setiap bulan Prodi Teknik Kimia rutin melakukan ujian akhir sehingga setiap bulan selalu meluluskan mahasiswa, walaupun mereka belum mengikuti prosesi wisuda (yudisium).

"Mereka ini sebetulnya sudah bisa direkrut untuk bekerja, karena hanya tinggal menunggu yudisium saja," imbuh Adi Ilham.

Vava menjelaskan, Pura Group menghasilkan produk-produk inovatif berteknologi tinggi sebagai pengganti impor di pasar domestik dan produk ekspor untuk pasar internasional.

Setelah lebih dari empat dekade, lanjut Vava, Pura Group telah menjelma menjadi kelompok industri dengan 30 divisi produksi yang terintegrasi menempati area 100 hektar lebih dengan 13.000 tenaga kerja, mengekspor produknya ke lebih dari 90 negara.

"Pura Group adalah perusahaan swasta nasional yang mempunyai paten terbanyak di Indonesia. Pura telah mendaftarkan lebih dari 190 paten yang akan terus bertambah di masa mendatang," terang Vava.

Selanjutnya Vava memaparkan 9 Lini Unit Bisnis dan Industri di Pura Group Indonesia.

1. PABRIK KERTAS

Memproduksi Kertas Uang, Kertas Sekuriti, dan Kertas Khusus. Beberapa produk kertas kami antara lain Kertas dengan watermark, benang pengaman, kertas sertifikat, kertas cek, Kertas Kitab Suci Al Qur-An, Alkitab, dan lain-lain.

2. SISTEM ANTI PEMALSUAN TERPADU

Solusi pengamanan Terpadu pada dokumen dan kemasan, antara lain Paspor, Visa, Sertifikat, Label Pengaman, Formulir, Buku, dan Kemasan Sekuriti. Seluruh Unsur Pengaman dibuat dan diterapkan di bawah satu atap, meliputi Kertas Sekuriti, Hologram Sekuriti, Percetakan Sekuriti, Benang Pengaman, Serat Pengaman, dan Tinta Sekuriti.

3. PURA SMART TECHNOLOGY

Memproduksi Smart Card (Chip Card) dalam bentuk Contact Card, RFID (Contactless) Card, RFID Label, dan Solusi TI. Aplikasi produk kami meliputi Kartu Telepon Seluler, kartu perbankan (ATM), Kartu Pembayaran, Kartu Akses (Ruangan, Gerbang, Jalan tol, dll), Kontrol Inventaris, dan berbagai aplikasi lainnya.

4. PERCETAKAN DAN KEMASAN

Pura adalah produsen kemasan terlengkap meliputi Kemasan Cetak Offset, Kemasan Cetak Rotogravure, dan Corrugated Box. Pura juga memproduksi bahan-bahan kemasan seperti Kertas dan Karton Metalis (Metalized Paper and Board), Lem Industri, dan Tinta Cetak.

5. PENGOLAHAN LANJUT KERTAS

Produk-produk pengolahan lanjut kertas dari Pura antara lain: Carbonless Paper, Gummed Paper, Decorative Paper & Foil untuk mebel, Transfer Slip Paper, Railing Tape, Sticker, dan masih banyak lagi.

6. PENGOLAHAN LANJUT PLASTIK

Produk Pengolahan  Lanjut Plastik dari Pura antara lain: Cold Stamping Foil, Hot Stamping Foil, Transfer Printing Film, In-Mould Printing Film, Tattoo Sticker, Solar Window Film Security Film, dan Decorative Film.

7. BAHAN INDUSTRI TEMBAKAU

Memproduksi Homogenized Tobacco leaf (HTL) sebagai pembungkus Cerutu dan alternative kertas rokok. Kami juga memproduksi kertas Filter Rokok, Kertas Rokok Berwarna, dan Kemasan Rokok.

8. PEMBUATAN MESIN

Memproduksi mesin-mesisn untuk industri perikanan dan pertanian seperti Mesin Es Serpih, Controlled Atmosphere Storage, Mesin Pengering Biji-bijian, Mesin Penggiling Beras, Mesin Perontok Jagung, dan lain-lain.

9. KONSTRUKSI JALAN RAYA

Bergerak di bidang konstruksi jalan termasuk bahan-bahannya antara lain Cat Termoplastik Marka Jalan, Pagar Pembatas, Pagar Beton, dan Paku Jalan. (Sub) 


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment