News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Terinspirasi Tarian Khas Yogyakarta, Artine Kain Launching Busana Unik

Terinspirasi Tarian Khas Yogyakarta, Artine Kain Launching Busana Unik



Koleksi busana Artine Kain yang terinspirasi tetarian khas Yogyakarta


WARTAJOGJA.ID : Artine, salah satu merek kain di Yogyakarta hari ini mengumumkan acara launching edisi terbaru kain mereka pada Jum’at, 19 Maret 2021 mulai pukul 15.00 WIB. 

Terinspirasi dari kebudayaan tari-tarian khas budaya Yogyakarta, Artine mengambil inspirasi utama dari empat jenis tetarian: Tari Golek Menak, Tari Bedaya Sapta, Tari Bedaya Tirta, dan Tari Serimpi Muncar. 

Sejarah panjang Yogyakarta memiliki kaitan erat dengan tari-tarian. 

"Tarian klasik gaya Yogyakarta tidak hanya dipahami sebagai sebuah seni dan ragam olah tubuh, namun juga dipandang sebagai falsafah hidup," ujar Erli Faniwati selaku founder dari Artine di sela acara itu.




Koleksi busana Artine Kain yang terinspirasi tetarian khas Yogyakarta


Erli menyatakan bahwa seni tari tradisional merupakan ekspresi jiwa nan indah. 

"Menari bukan hanya menggerakkan badan semata, tapi di dalamnya tersirat beragam makna penting tentang nilai-nilai luhur budaya," tegasnya.

Keinginan untuk mengangkat nilai-nilai dan khazanah kebudayaan dari Tetarian itulah yang menjadi motivasi utama Artine untuk memvisualisasikan beragam makna dari tarian Yogyakarta ke dalam bentuk busana dan kain yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas. 

"Hal ini ditambah pula dengan kondisi dimana masyarakat mulai melupakan nilai dan budaya tari itu sendiri – sehingga perlu adanya aktifitas-aktifitas yang mampu dimaknai oleh masyarakat dalam upaya memperkenalkan kembali Tari Yogyakarta," kata dia.


Koleksi busana Artine Kain yang terinspirasi tetarian khas Yogyakarta


Dalam pagelaran kali ini, Artine turut bekerjasama dengan Kinanti Sekar, salah satu seniman Tari terkemuka di D.I Yogyakarta. 

Kinanti pun memberikan pembelajaran dan membagikan pengetahuannya terkait tetarian itu sendiri. Agar ilmu tersebut diharapkan dapat menambah wawasan dan kecintaan masyarakat terhadap tari, budaya kebanggaan khas Yogyakarta yang mahsyur bestari. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment