News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sabtu Ini, Sultan HB X dan Puluhan Guru Besar Lansia di Kampus Yogya Ikuti Vaksinasi Covid-19

Sabtu Ini, Sultan HB X dan Puluhan Guru Besar Lansia di Kampus Yogya Ikuti Vaksinasi Covid-19


Sultan HB X dan GKR Hemas


WARTAJOGJA.ID : Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X akan mengikuti vaksinasi Covid-19 kategori lanjut usia (lansia) di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Sardjito pada Sabtu 13 Maret 2021.

Vaksinasi untuk Sultan HB X ini juga akan dikuti permaisurinya, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas dan puluhan guru besar lansia dari berbagai kampus di Yogyakarta.

"Total ada 45 orang yang akan mengikuti vaksinasi lansia di RSUP Sardjito pada Sabtu (13/3), termasuk para guru besar sejumlah kampus,." ujar Juru bicara RSUP Dr Sardjito Banu Hermawan Jumat 12 Maret 2021.

Banu mengatakan para guru besar itu diantaranya berasal dari sejumlah kampus di Yogya seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta hingga Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta.

"Vaksinasi akan dilakukan di ruang rawat jalan lantai 4 mulai pukul 10.00 WIB," ujar Banu.

Gubernur DIY yang juga Raja Keraton Yogya Sri Sultan HB X sebelumnya tak bisa mengikuti vaksinasi tahap pertama lantaran usianya sudah 74 tahun atau masuk kategori lansia.

Pasca pemerintah mengumumkan vaksinasi Sinovac aman untuk lansia, Sultan HB X pun telah menyatakan siap divaksin.

"Ya saya akan ikut (vaksinasi) kalau tahap kedua ini peruntukannya untuk lansia," ujar Sultan.

Sultan sebelumya menjelaskan, vaksinasi untuk lansia memang menjadi prioritas karena rata-rata semakin berumur akan semakin beresiko memiliki penyakit bawaan.

Untuk itu, resiko bergejala berat bagi lansia jauh lebih tinggi, karena dipengaruhi juga oleh faktor menurunnya imunitas. Namun memang proses vaksinasi untuk lansia memiliki persyaratan administratif kesehatan yang lebih kompleks.

“Kalau kira-kira persyaratan bagi lansia tidak terpenuhi ya belum tentu bisa divaksin, karena dengan kondisi seperti itu (tidak memenuhi syarat) mungkin justru akan membahayakan dirinya,” kata Sultan. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment