News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ramadhan, Vaksinasi Covid-19 Terus Digenjot

Ramadhan, Vaksinasi Covid-19 Terus Digenjot

Vaksin Sinovac (ist)


WARTAJOGJA.ID: Vaksinasi corona di berbagai daerah terus digenjot tak kecuali di Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY. Dinkes DIY pun menyatakan tetap melakukan vaksinasi di Bulan Ramadhan pada pertengahan April mendatang. 

“Ya kita upayakan (vaksinasi) tetap dilaksanakan tapi cuma memang berubah (waktunya),” kata Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie ditemui di Kepatihan Pemda DIY, Selasa (16/3). 

Perubahan waktu yang dimaksud adalah penyuntikan vaksin dilakukan pada pagi hari dan setelah berbuka puasa. Pasalnya jika dilakukan siang hari, menurut Pembajun dikhawatirkan kondisi penerima vaksin sudah kelelahan. 

“Kalau tengah siang kan kasian juga yang datang, sasarannya kasian, petugasnya juga kasian,” ujarnya. 

“Mungkin kita laksanakan pagi satu sesi. Mungkin sesi berikutnya setelah buka puasa,” tambahnya. 

Di sisi lain, soal vaksinasi saat puasa ini, Dinkes DIY juga masih menunggu fatwa resmi MUI apakah disuntik vaksin akan membatalkan puasa atau tidak. 

“Jadi mungkin pagi habis sahur. Cuma memang ada mungkin yang bilang boleh (vaksin saat puasa), ada yang bilang tidak boleh. Kita nunggu fatwa MUI aja biar aman buat semua,” kata Pembajun. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan rencana vaksinasi corona pada bulan Ramadhan yang tahun ini jatuh pada bulan April. Jokowi menyatakan, vaksinasi akan dilakukan malam hari. 

"Di bulan puasa, nanti vaksinasi akan dilakukan di malam hari. Tapi saat siang hari, tetap bisa dilakukan di daerah-daerah yang nonmuslim,” kata Presiden Jokowi saat bertemu sejumlah pemimpin redaksi media nasional di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/2). 

Ulama senior HM Baharun memberikan pengetahuan dan pandangannya terkait hal ini. Termasuk apakah vaksinasi membatalkan puasa atau tidak. 

(Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment