News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kata Dewa Kipas Usai Digilas WGM Irene Sukandar 3-0

Kata Dewa Kipas Usai Digilas WGM Irene Sukandar 3-0

 

Ilustrasi podcast Deddy Corbuzier (ist) 

WARTAJOGJA.ID: Woman Grand Master(WGM) Irene Sukandar menang telak atas Dadang Subur alias Dewa Kipas dengan skor meyakinkan 3-0 dalam diel catur yang berlangsung di studio podcast Deddy Corbuzier Senin, 22 Maret 2021.

Dadang Subur pemilik akun Dewa Kipas pun mengakui keunggulan dari Woman Grand Master Irene Sukandar.

Menurut dia, pertahanan yang dimiliki oleh Irene sulit ditembus. "Pertahanan Irene sangat kokoh, saya hampir tidak ada peluang," ujar Dadang usai pertandingan, Senin, 22 Maret 2021.

Dalam dwitarung itu, sistem yang dipakai adalah catur cepat. Masing-masing pecatur harus menuntaskan gerakannya dalam waktu 10 menit. Duel diplot berlangsung empat babak tapi akhirnya dihentikan pada babak ketiga setelah Irene Kharisma Sukandar menang 3-0.

Dadang mengakui tidak terbiasa main dalam durasi 10 menit. "Biasa main lama, saya blunder semua. Dulu waktu main dengan orang bagus-bagus (di Chess.com) itu semua (mereka) blunder," ucap dia.

Sebagai pemenang, Irene Sukandar berhak hadiah sebesar Rp 200 juta. Sedangkan Dadang Subur memperoleh Rp 100 juta.

Pertandingan persahabatan ini difasilitasi oleh Deddy Corbuzier, yang sebelumnya sempat mengundang kedua pecatur dalam podcastnya secara terpisah. Ia mengucapkan terima kasih kepada Dadang Subur yang telah mengembalikan popularitas olahraga catur. Tercatat pertandingan yang ditayangkan melalui live streaming YouTube ditonton sebanyak 1,2 juta orang.

Dewa Kipas menjadi sorotan setelah akunnya di Chess.com diblokir karena dianggap curang. Kecurangan itu diyakini sejumlah pengamat dan pelaku catur Indonesia telah terjadi, dengan melihat analisis dari rentetan peristiwa yang terjadi.

Irene Sukandar termasuk yang menyatakan 95 persen yakin Dadang Subur telah berlaku tak fair saat  meraih rentetan kemenangan luar biasa saat bertarung online di Chess.com. 

Lalu apakah kesimpulan yang muncul setelah pertarungan usai dilakukan? Deddy Corbuzier sempat menanyakan hal itu pada Pengurus PB Percasi Hendri Jamal yang hadir dalam acara itu sebagai inspektor. Hendri menyebut kualitas Dewa Kipas dengan istilah "hampir master".

Istilah itu disetujui oleh Susanto Megaranto dan Chelsie Monica dua atlet catur yang menjadi komentator di acara tersebut. Susanto menyatakan, Dewa Kipas bisa bermain catur tapi kualitasnya masih di bawah Irene Khrisma Sukandar.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment