News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dubes Ceko Terkesima Ketaatan Protokol Kesehatan Indonesia

Dubes Ceko Terkesima Ketaatan Protokol Kesehatan Indonesia



Dubes Ceko saat di Kepatihan Yogya (ist)

WARTAJOGJA.ID : Duta Besar  Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Ceko untuk Republik Indonesia, Jaroslav Doleček, terkesima dengan perilaku masyarakat Indonesia yang relatif lebih patuh himbauan pemerintah dalam upaya menekan penularan Covid-19.

"Beliau (Jaroslav) kagum dengan orang Indonesia yang tertib mengenakan masker (di masa pandemi)," ujar Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal (DPPM) DIY Agus Priyono usai mendampingi Jaroslav menemui 
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Jumat 26 Maret 2021.

Agus mengatakan, kepada Sultan, Jaroslav menceritakan kondisi negaranya dalam memerangi pandemi Covid-19. Ia mencontohkan kasus yang diamatinya di Praha, ibukota Ceko. Jaroslav mengungkap, kenaikan kasus baru di Praha belakangan cukup tinggi.

"Kasus di sana (Praha) sudah sampai 8.000 per hari padahal penduduknya hanya 9 juta jiwa," kata dia.

Dalam pandangan Jaroslav, dengan penduduk sekitar 3,6 juta jiwa, DIY dinilai mampu menekan laju penambahan kasus Covid-19. 

Hingga 27 Maret  2021 kasus terkonfirmasi Covid-19  di DIY total 32.684 kasus. Dari jumlah itu kasus sembuh sebanyak 26.686 kasus dan meninggal dunia total 788 kasus.

Selama pertemuan dengan Sultan HB X itu, Jaroslav membahas tiga peluang kerjasama pengembangan transportasi, konektivitas, dan kelistrikan dengan Yogya. 

Agus mengatakan Republik Ceko memiliki kelebihan di bidang teknologi perkeretapian sehingga membuka peluang ke arah itu. 

"Termasuk untuk kerjasama maintenance, sparepart, baik itu di Jawa  maupun luar Jawa," kata dia. 

Adapun Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam pertemuan itu menekankan kerjasama investasi untuk pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Yogyakarta.

Sebab Yogya saat ini sedang mengembangkan kawasan aerotropolis di Kabupaten Kulon Progo. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment