News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Penggunaan GeNose Di Stasiun Diperluas

Penggunaan GeNose Di Stasiun Diperluas




WARTAJOGJA.ID : Manager Humas PT Kereta Api Indonesia  6 Yogyakarta, Supriyanto menuturkan mulai Senin 15 Februari 2021, ada 6 stasiun yang menerapkan penggunaan alat deteksi Covid-19 temuan UGM,  GeNose C19.

Jika Februari ini GeNose C19 hanya tersedia di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Tugu Yogyakarta, maka per Senin besok alat deteksi berbasis hembusan nafas itu mulai diterapkan juga di Solo Balapan,  Semarang Tawang, Stasiun Gambir,  Bandung, Cirebon, dan Surabaya Pasar Turi.

Biaya untuk mendapatkan layanan ini sendiri adalah Rp20.000.

“Jumlah stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 akan terus ditambah secara bertahap, per Senin besok ada 8 stasiun yang menerapkan,” ujar Supriyanto Ahad 14 Februari 2021.

Sejak dibuka pada 3 sampai 12 Februari 2021 di dua stasiun yakni Senen Jakarta dan Tugu Yogyakarta, KAI telah melayani 21.530 peserta GeNose C19.

Penggunaan alat GeNose C19 juga turut menyasar mereka yang berpergian di masa libur akhir pekan yang bertepatan dengan Imlek kali ini.

PT. KAI Daop VI Yogyakarta sendiri mencatat penumpang kereta api momentum libur Imlek ini relatif terus meningkat.

Supriyanto menuturkan data per 10 Februari  jumlah penumpang tercatat 1.607 orang, lalu 11 Februari 2.532 orang, 12 Februari 1.567 orang, 13 Februari 1.647 orang, dan 14 Februari 5.089 orang.

Sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 20 Tahun 2021, pelanggan Kereta Api Jarak Jauh diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan.

Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum jam keberangkatan.

Syarat untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun adalah calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas.

Selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19.

Pada saat pelaksanaan calon penumpang diminta untuk meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan. (Fir)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment