News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hati-Hati, 7 Titik Wisata Jogja Diprediksi Hujan Lebat Plus Petir Akhir Pekan Ini

Hati-Hati, 7 Titik Wisata Jogja Diprediksi Hujan Lebat Plus Petir Akhir Pekan Ini




Ilustrasi hujan (istimewa)


WARTAJOGJA.ID : Wisatawan yang hendak melancong ke sejumlah destinasi di Daerah Istimewa Yogyakata (DIY) mulai akhir pekan ini, diharap lebih berhati-hati dengan semakin intensnya curah hujan belakangan.

Tak hanya hujan intens, sebab awal Februari ini hujan intens di kawasan DIY itu juga kerap disertai angin kencang serta petir. 

“Kondisi intensitas hujan di DIY saat ini terbilang normal karena saat ini memang memasuki puncak musim penghujan,” ujar Kepala Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) Yogyakarta, Reni Kraningtyas Kamis (4/2).

Reni menuturkan di puncak hujan ini, pertumbuhan awan awan hujan di atas langit DIY kian meningkat diantaranya awan cumullonimbus yang selama ini juga memicu petir.

BMKG Yogyakarta sendiri telah memetakan sedikitnya 7 kawasan wisata di Yogyakarta, terhitung Jumat 5 Februari 2021 berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan, sedang hingga lebat dan disertai petir.




Destinasi itu antara lain Perbukitan Menoreh yang saat pagi hari cuaca destinasi di Kabupaten Kulon Progo itu berawan, namun beranjak siang dan malam akan diselimuti hujan intensitas sedang. 

Lalu di sepanjang Pantai Glagah sampai Pantai Trisik Kulon Progo. Cuaca saat pagi berawan tebal dan siang dan malam diprediksi juga diguyur hujan intensitas sedang. 

Untuk kawasan wisata Gunung Merapi- Kaliurang Kabupaten Sleman, BMKG Yogyakarta meminta wisatawan ekstra hati-hati. Karena pada siang harinya diprediksi di kawasan itu akan terjadi hujan lebat disertai petir dan hujan baru mulai mereda malam harinya.

“Untuk perkiraan di kawasan Malioboro, saat pagi diprediksi berawan tebal namun saat siang hari diperkirakan hujan lebat dan hingga petang baru mulai mereda,”ujar Reni.

Lantas di kawasan pesisir Pantai Parangtritis sampai Pantai Depok Kabupaten Bantul hujan intensitas sedang diprediksi baru mulai turun saat malam hari. 

Begitu halnya kawasan Pantai Wediombo sampai Pantai Siung Kabupaten Gunungkidul, hujan hanya diprediksi terjadi saat malam hari.

Sedangkan di kawasan wisata Candi Prambanan Kabupaten Sleman BMKG memprediksi hujan intensitas sedang akan terjadi sejak siang hingga petang.

Pengelola Candi Prambanan juga Ratu Boko sendiri menyatakan pada 6-7 Februari 2021 tetap akan beroperasi. Ini menyusul informasi Taman Wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang akan tutup selama dua hari itu untuk mendukung kebijakan yang dikeluarkan Gubernur Jawa Tengah terkait gerakan Jateng di Rumah Saja guna mengurangi jumlah kasus Covid-19.
Candi Prambanan tetap beroperasi biasa dengan tetap memberlakukan jam operasional dan penerapan protokol kesehatan ketat. (Rls/Tmp)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment