News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

GL Zoo  Dapat  Donasi Pakan Satwa dari PT. Softex Indonesia

GL Zoo  Dapat  Donasi Pakan Satwa dari PT. Softex Indonesia




WARTAJOGJA.ID: PT. Softex Indonesia memberikan donasi pakan satwa kepada  Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta yang terdampak pandemi Covid-19. Bantuan senilai Rp 500 juta dilaksanakan secara virtual dalam acara seremonial di kebun binatang tersebut, Jumat (18/12/2020).

Acara penyerahan donasi ditandai dengan pemberian “kado” berupa tumpeng buah pakan satwa berisi aneka buah-buahan dan sayuran segar. Pakan satwa seperti apel, buah naga, tomat, blimbing dan pisang itu langsung disantap gajah dan orangutan koleksi kebun binatang itu. Perwakilan PT. Softex Indonesia yang hadir dalam penyerahan donasi pakan satwa tersebut  Ida Kusrini.

M. Zainal Abidin selaku Head of HR, GA & Sustainability Project PT Softex Indonesia dalam sambutannya menyadari di tengah Covid ini banyak sektor yang terimbas, termasuk sektor pariwisata seperti dialami GL Zoo. Karena itu PT. Softex Indonesia perlu hadir meringankan beban dalam memenuhi kebutuhan pakan satwa  koleksi GL Zoo. Khususnya koleksi satwa endemik asli Indonesia, yakni gajah Sumatra dan orangutan Kalimantan.

PT. Softex Indonesia merasa  punya tanggung jawab pula  dalam pelestarian lingkungan dan keberlangsungan keberagaman flora fauna.  Khususnya untuk satwa endemik, gajah Sumatra dan orangutan asal Kalimantan.  Supaya kedua jenis satwa endemik koleksi GL Zoo ini  mendapat pakan yang  layak dan menyehatkan, sehingga masa  hidupnya bisa lebih panjang. “Kami ingin menjalin kerja sama dengan GL Zoo sebagai lembaga konservasi yang  sudah terbukti track record-nya,” ujar  Zaenal.



Sedangkan Dirut GL Zoo, KMT A. Tirtodiprojo (Joko)  menyampaikan kebun binatang yang dikelolanya sempat tidak beroperasional sejak masa pandemi pada 23 Maret-2 Agustus lalu. Sehingga selama hampir 4,5  bulan ditutup GL Zoo sama sekali tidak ada pemasukan sama sekali. Padahal biaya operasional sangat tinggi untuk menggaji karyawan dan perawatan satwa.

Dengan dioperasionalkan kembali sejak 3 Agustus lalu, tutur Joko, jumlah pengunjung belum mencapai target diinginkan atau hanya 30% pengunjung dari keadaan normal. “Pelbagai upaya telah kami lakukan agar GL Zoo dapat bertahan dan bangkit dalam era kehidupan tatanan baru atau new normal,” aku dia.

Dijelaskan pada 20 November lalu terjalin kesepakatan bersama tentang pemberian donasi dari PT. Softex Indonesia. Maka dalam kesempatan ini Joko mengucap terima kasih kepada PT. Softex yang berkenan membantu dengan memberikan donasi pakan satwa untuk orangutan Utan Kalimantan (Pongo pygmaeus) dan gajah Sumatera (Elephas maximus sumatrensis) yang di wujudkan dalam bentuk uang tunai. Juga bantuan produk dari Softex berupa masker softies, handsanitizer, dan tisu basah yang akan digunakan untuk menunjang protokol kesehatan (Prokes) di lingkungan GL Zoo khususnya untuk memfasilitasi pengunjung.

Menurut Joko, gajah merupakan satwa koleksinya yang paling banyak mengkonsumsi pakan. “Hampir 300 kilogram perhari setiap ekornya atau 10%  dari berat badannya,” sebut dia.

Meski mengkonsumsi pakan terbanyak,  berupa rumput selain buah, dan vitamin lainnya. Sehingga hewan berbelalai ini menghabiskan dana tidak kurang Rp  10 juta perbulan per ekor. Saat ini GL Zoo mengoleksi delapan gajah dewasa dan satu anakan (bledug) yang lahir pada masa pandemi lalu. Sedangkan orangutan memiliki sepuluh ekor. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment