News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Giliran 2 Kecamatan Bantul Ini Dapat Bantuan Sumur Bor Dari Gandung Pardiman

Giliran 2 Kecamatan Bantul Ini Dapat Bantuan Sumur Bor Dari Gandung Pardiman




WARTAJOGJA.ID : Masalah kekeringan sudah sering terjadi dan menjadi momok tersendiri bagi sebagian warga Yogya saat musim kemarau panjang tiba. 

Terlebih, musim kemarau belakangan tak jarang sering datang dengan tiba – tiba dan sangat sulit untuk di prediksi.

Karena hal inilah sumber air sudah menjadi masalah yang sangat sering terjadi, banyak sekali manfaat dari air yang bisa kita dapatkan, namun itu tidak berguna jika  tiba – tiba mengalami kekeringan. 

Namun kini kalangan masyarakat Dusun Kali Nampu Desa Seloharjo Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul yang saat kemarau juga sulit mencari air bersih sedikit bernapas lega. 

Setelah pembangunan sumur bor bantuan anggota DPR RI, Drs HM Gandung Pardiman MM selesai dibangun.

Persoalan air bersih ketika musim kemarau yang kerap muncul di wilayah tersebut seolah mendapat  solusi.   

Kebahagiaan juga dirasakan warga Dusun Baros Desa Tirtohargo Kretek Bantul. Bagaimana tidak, kawasan sentra bawang merah terbesar di Bantul tersebut kini juga punya sumur bor bantuan Drs HM Gandung Pardiman MM.  

Program pembangunan infrastruktur pedesaan tersebut menjadi salah satu komitmen  Gandung Pardiman menjadikan desa sebagai pusat pertumbuhan.

Dukuh Kali Nampu Desa Seloharjo Pundong Bantul, Gita Adi riyanto   mengatakan, sumur bor tersebut  kedepannya  bakal dijadikan tulang punggung warga ketika musim kemarau. 

“Setiap musim kemarau wilayah ini sering menghadapi persoalan air bersih. Dengan sumur bor ini kami  merasa lega, karena ada solusi terkait dengan air bersih,” ujarnya.

Paling tidak sekitar 100 warga bisa terkafer dengan sumur bor tersebut. Dijelaskan, sumur tersebut khusus air konsumsi. 

“Memang  belum terdapat jaringan, tetapi jika warga membutuhkan bisa langsung mengambil di sumur,” ujarnya. Selain itu, kedepannya warga juga akan meninggikan tampungan air supaya lebih banyak memanfaatkan air bersih tersebut. “Sumur ini bisa mencukupi wilayah RT 01 dan 02, tetapi jika tampungan ditinggikan dua RT lainnya bisa memanfaatkan sumber air ini,” ujar Gita   

Sementara Ketua Gapoktan Multi Sari Desa Tirtohargo Kretek Bantul, Wintala mengatakan, sumur bor bantuan Gandung Pardiman berada di Dusun Baros. Sumur tersebut punya peran sangat penting dalam memenuhi kebutuhan air bersih ditengah masyarakat.  Nantinya sumur tersebut bakal melengkapi Pamsimas di wilayah tersebut. “ Dengan sumur bor ini sekitar 300 kepala keluarga  bisa memanfaatkannya,” jelasnya.

Wintala mengungkapkan, pihaknya  memberikan apresiasi  kepada Drs HM Gandung Pardiman yang sudah memberikan sumur bor. Sehingga semakin banyak warga bisa terbantu  khususnya terkait dengan kebutuhan air bersih. 

Gandung Pardiman mengatakan, dengan sumur dua bor tersebut  bisa memberikan manfaat kepada warga. Khusus di Kali Nampun, keberadaan sumur  tentunya sangat mendukung berdirinya objek wisata  Kali Nampu Natural Park.

(Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment