News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Begini Partisipasi Pemilih Pilkada Di 3 Kabupaten DIY, Bantul Memimpin

Begini Partisipasi Pemilih Pilkada Di 3 Kabupaten DIY, Bantul Memimpin




WARTAJOGJA.ID : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebut Kabupaten Sleman dengan tingkat partisipasi paling rendah dibanding Kabupaten Bantul dan Gunungkidul. Karena dari target partisipasi 80 persen, tingkat partisipasi di Kabupaten Sleman hanya 75 persen.

"Partisipasi Pilkada 2020 di DIY, untuk (Kabupaten) Sleman 75,82 persen, Bantul 81,39 persen dan Gunungkidul 80,18 persen," kata Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan, Minggu (14/12/2020).

Padahal, untuk Pilkada kali ini KPU menargetkan tingkat partisipasi mencapai 80% di 3 Kabupaten tersebut. Oleh karena itu, Hamdan menyebut tingkat partisipasi di Kabupaten Sleman tidak memenuhi target.

"Kalau target (partisipasi Pilkada 2020 di DIY) 80 persen, jadi sebagian melampaui dan hanya (Kabupaten) Sleman yang kurang (dari target partisipasi Pilkada 2020)," ujarnya.

Kendati demikian, Hamdan menilai capaian tingkat partisipasi untuk Pilkada di Kabupaten Sleman termasuk cukup bagus. Mengingat saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19.

"Kalau kami melihat di atas 70 ini sudah bagus, apalagi di masa pandemi (COVID-19) dan target (partisipasi Pilkada) dipasang sebelum mempertimbangkan pandemi," ucapnya.

Terlebih dibandingkan dengan tingkat partisipasi Pilkada tahun 2015, Hamdan mengungkapkan bahwa partisipasi Pilkada tahun ini mengalami peningkatan. Padahal, Pilkada kali ini digelar di tengah pandemi COVID-19.

"Yang pasti ada kenaikan signifikan dibanding 2015 atau Pilkada 5 tahun silam di seluruh Kabupaten (di DIY), padahal sekarang sedang pandemi COVID-19. Jadi untuk Sleman naik 3 persen, Bantul naik 6 persen dan Gunungkidul naik 10 persen," kata Hamdan. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment