News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

UMY Masuk Top 451-500 World University Rankings Asia 2021 dan Top 75 ASEAN

UMY Masuk Top 451-500 World University Rankings Asia 2021 dan Top 75 ASEAN




Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto M.P., IPM



WARTAJOGJA.ID : Kiprah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sebagai salah satu perguruan tinggi yang dimiliki oleh Muhammadiyah di dunia pendidikan terus mengalami peningkatan. Pada tanggal 25 November 2020, QS World University Rankings yang dikelola oleh Quacquarelli Symonds (QS) mempublikasi  World University Rankings Asia 2021. 

Dari hasil perangkingan, hanya 650 universitas  dari benua ASIA yang memenuhi standard perangkingan, yang masih didominasi oleh China, Korea Selatan, Jepang dan Hongkong.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)--universitas yang memiliki slogan Unggul dan Islami, Muda dan Mendunia-- berhasil masuk ke jajaran 451+ besar universitas terbaik se-Asia versi QS World University Rankings: Asia 2021 (https://www.topuniversities.com/university-rankings/asian-university-rankings/2021), dengan menempati peringkat ke-451-500. Dikawasan Asia Tenggara, dari 113 universitas yang berhasil masuk rangking ini, UMY menempati rangking 75+. 

UMY berada pada rangking 15 atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Terbaik di Jawa Tengah dan Yogyakarta dari 30 (tiga puluh) universitas di Indonesia yang berhasil masuk dalam perangkingan. 



Pencapaian yang diraih UMY saat ini selain semakin meneguhkan predikat international reputable university di tingkat internasional, juga menjadi modal UMY untuk melangkah ke tahapan berikutnya yakni sebagai Research Excellent University. 

Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto M.P., IPM., mengatakan bahwa keberhasilan UMY masuk 500 besar QS World University Rankings: Asia 2021 merupakan buah kerja keras sivitas akademika selama beberapa tahun terakhir. 

Hal tersebut juga sekaligus menjadi ukuran seberapa seriusnya UMY untuk tidak hanya menjadi yang terbaik di Indonesia, melainkan Asia, bahkan dunia untuk beberapa tahun ke depan. 

“Dengan capaian ini, semakin menegaskan bahwa UMY sudah berhasil masuk dalam jajaran Top Universities tingkat dunia. Pemeringkatan ini juga berguna bagi kita untuk melihat seberapa baik kita sudah berjalan selama ini dari outcome tatakelola perguruan tinggi yang menerapkan performance based-information technology and management for higher education,” ungkap Gunawan ditemui di ruangannya, Senin (23/11).

Telah banyak hal dan langkah-langkah yang dilalui oleh UMY untuk dapat berada di posisi seperti sekarang, yaitu masuk 500 besar QS World University Rankings: Asia 2021. 

Gunawan mengungkapkan beberapa hal krusial yang sudah dilakukan oleh UMY, mulai dari peningkatan kualitas belajar mengajar, dosen dan juga penelitiannya, berapa banyak pelajar yang dikirim UMY untuk belajar di luar negeri, atau sebaliknya, dosen yang dikirim ke luar negeri dan mendatangkan professor asing, serta kontribusi dan daya serap lulusan UMY di pasar kerja nasional dan internasional selama tiga tahun terakhir.


Evi Rahmawati, S.E., M.Acc., Ph.D., Ak., CA, Kepala Bidang Pengembangan Organisasi Badan Perencanaan dan Pengembangan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (BPP UMY) menyatakan bahwa berdasarkan data QS World University Rankings: Asia 2021, total skor UMY pada pemeringkatan ini adalah 68 persen.

Skor nilai tersebut didapat dari beberapa indikator penilaian. QS World University Rankings memberikan penilaian pada masing-masing indikator tersebut degan poin maksimal sebanyak 100 poin. Diantara indikator-indikator penilaian terhadap UMY tersebut beberapa diantaranya meraih poin tertinggi, yakni Program Internasional 87,6 poin, Inbound Exchange Students 32,7 poin, Outbond Exchange Students 34,5 poin, dan Reputasi Akademik 13,6 poin. (Subiyantoro)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment