News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Temukan Kasus Covid-19, Yogya Batasi Pergerakan Warga Satu RT di Kecamatan Danurejan

Temukan Kasus Covid-19, Yogya Batasi Pergerakan Warga Satu RT di Kecamatan Danurejan



WARTAJOGJA.ID: Pemerintah Kota Yogyakarta batasi pergerakan warga di salah satu RT yang terletak di Kecamatan Danurejan Kota Yogyakarta. Pembatasan tersebut diambil setelah ditemukan klaster penukaran Covid-19 di area keluarga dan juga tetangga.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan kebijakna pembatasan diambil setelah melihat kepadatan penduduk, dan tingkat penerapan protokol kesehtan di lingkungan masih belum ketat.

"Kalau Danurejan ini karena satu rumah dan tetangga sekitar ada 6 (tetangga) yang diambil keenamnya positif. Ketika satgas kecamatan melihat kepadatan hunian sedemikian rupa dan tungkat kepatuhan sedemikan rupa, sudah sejak seminggu lalu kita batasi pergerakannya satu RT itu tidak boleh keluar kecuali dapat izin," katanya ditemui di ruanga Sadewa, Kompleks Balaikota Yogyakarta, Senin (30/11/2020).

Lanjut dia, pihaknya tidak melakukan swab tetapi langsung mengupayakan tidak ada interaksi dengan masyarakat luar. Pihaknya telah menurunkan tim khusus untuk menangani klaster tersebut.

"Yang kita izinkan yang bekerja, begitu padatnya pemukiman, protokol kesehatan tidak bagus kita turunkan tim, dan upayakan perbaikan sistem prokes termasuk orang yang kerja kita awasi bersama," ujar Heroe.

Dia mengatakan selain 18 orang terpapar Covid-19 dalam satu rumah, dan 6 tetangganya terkonfirmasi positif pihaknya langsung melakukan isolasi keseluruhan. 

"Jumlah yang terpapar tetangganya ada 6, tadi sudah dikoreksi," ujar dia.

Heroe menambahkan dari 18 orang ersebut yang terpapar Covid sebaian sudah diperbolehkan pulang namun ada juga tang masih mendapatkan perawatan medis.

"Kalau satu RT kita batasi sampai tanggal 3 Desember. Sebagian keluarga itu sudah sembuh karena ada yang dirawat," ucap dia.

Untuk keeprluan sehari-hari dipenuhi secra mandiri bersama dari tim kecamatan, Pemkot Yogyakarta mensuplai obat-obatan seperti vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

"Makan minum dilakukan sendiri dengan teman-teman kecamatan kita suplai obat-obatan untuk penguat daya tahan tubuh," ujar Heroe. (Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment