News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Proses Belajar Mengajar Daring DIY Jadi Rujukan

Proses Belajar Mengajar Daring DIY Jadi Rujukan

Komisi X DPR RI bertemu Wagub DIY KGPAA Paku Alam X
di Kepatihan, Yogyakarta.


WARTAJOGJA.ID: DIY dinilai telah berhasil menghadapi tantangan belajar daring selama pandemi Covid – 19. Salah satu yang turut berperan membantu keberhasilan adalah aplikasi Jogja Belajar yang dikembangkan sejak 2016 bersama Kyoto University, Jepang.  

Keberhasilan ini menarik minat Komisi X DPR RI untuk melakukan kunjungan kerja guna mempelajari Peta Jalan Pendidikan di DIY. Rombongan  Komisi X DPR RI diterima langsung oleh Wagub DIY KGPAA Paku Alam X di Gedhong Pare Anom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Selanjutnya, pertemuan dilanjutkan dengan diskusi di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta bersama Staf Ahli Gubernur Bidang Sosial, Budaya dan Kemasyarakatan, Drs. Tri Mulyono, M.M. beserta jajaran pejabat Pemda DIY. 

Sri Paduka mengungkapkan DIY mengupayakan pemaksimalan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara daring salah satunya degan Jogja Belajar. DIY telah menjawab tantangan KBM pada masa Pandemi Covid - 19 melalui Jogja Belajar. Meskipun beberapa daerah di IDY terkendala dengan jaringan internet sehingga program Jogja Belajar tersendat.

“Ada daerah yang blank spot terhadap jaringan internet. Gunungkidul yang paling banyak karena memang geografisnya seperti itu. Nah kami siasati itu dengan fiber optik. Kami lakukan refokusing anggaran untuk fiber optik. Harapan kami Jogja tidak ada yg blank spot lagi di akhir tahun ini," jelas Sri Paduka.

Sri Paduka menjelaskan, penyokong ekonomi DIY yang terbesar adalah pendidikan dan pariwisata. Dimana keduanya identik dengan kerumunan yang berarti tidak sesuai protokol kesehatan. Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) dari perkuliahan mencapai 6 T pertahun. Sedangkan PDRB tidak langsung dari pendukung pendidikan tersebut adalag 17 T.

“Pandemi ini memang membuat semua jadi kacau. Oleh karena itu, kami (Pemda DIY) berupaya keras untuk membangun kembali apa yang sudah kacau ini,” ungkap Sri Paduka.

Sementara itu, ketua rombongan dari Fraksi PDIP, My Esti Wijayanti menjelaskan, memilih DIY sebagai tempat untuk dijajaki Peta Jalan Pendidikan, bukanlah tanpa alasan. DIY sebagai pusatnya pendidikan, telah banyak menghasilkan bibit unggul lulusannya. Selain itu, pendidikan daring di DIY menjadi salah satu yang dinilai sukses.   

Revolusi industri 4.0 akan membawa dampak yang sangat besar dalam kehidupan manusia mulai dari gaya hidup, interaksi sosial, bermain, bekerja dan belajar. Akibatnya di Indonesia diperkirakan 51,8% potensi pekerjaan akan hilang. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan yang mendalam tentang ide dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran.

“Kami datang ke DIY guna mendapatkan masukan dan pandangan mengenai peta Jalan Pendidikan yang telah disusun dan disosialisasikan oleh Kemendikbud RI. Serta melihat dua kondisi faktual dan data penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan di DIY. Hasil dari sini akan kami jadikan rujukan dalam menyampaikan rekomendasi kepada pemerintah dalam pengambilan dan penentuan kebijakan pendidikan,” papar Esti sebelum memulai diskusi. (Arifin)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment