News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gembleng Start Up Lokal, InnoXJogja 2020 Dihelat Pertengahan November

Gembleng Start Up Lokal, InnoXJogja 2020 Dihelat Pertengahan November




WARTAJOGJA.ID: Festival teknologi dan inovasi bertajuk InnoXJogja 2020 segera digelar di Yogyakarta pada 17-20 November 2020 ini.

Perhelatan yang digarap Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY dan komunitas Block71 secara virtual itu berkolaborasi dengan empat kampus. Yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Universitas Islam Indonesia (UII), Amikom serta lembaga Jogja Digital Valley.

Festival selama empat hari ini, akan menjadi ruang untuk menemukan berbagai solusi dari permasalahan dan tantangan start-up lokal agar lebih berkembang. Khususnya di masa pandemi Covid-19 ini.

Dari event itu, targetnya tak juga sekedar memfasilitasi pegiat teknologi dan inovasi di Yogyakarta bisa tampil dengan karya kreatifnya. 

"Dari event itu pegiat teknologi diberi kesempatan bertemu dengan investor atau perusahaan yang mampu membantu mengembangkan teknologi mereka lebih jauh,” ujar Kepala Diskominfo DIY, Rony Primanto Hari, Ahad 8 November 2020.

Rony mengungkapkan ketika berbagai start-up lokal yang dikembangkan itu sudah bisa mendapat dukungan memadai, targetnya bisa dikembangkan di Yogya juga sehingga bisa berkontribusi menumbuhkan perekonomian daerah.

Adapun Manager Block71 Yogyakarta, Reni Wahyuni Ika Lestari mengatakan jumlah start-up lokal yang dikembangkan di Yogya jumlahnya ada ratusan. Namun di luar jumlah tersebut banyak yang tidak terdeteksi. 

Dari event itu sendiri targetnya pendataan pada start-up lokal bisa dilakukan lebih gencar. Sehingga ada  data riil berapa sebenarnya jumlah start-up yang ada.

Diakui Reni, cukup banyak start-up asal Jogja yang memilih pindah ke kota lain. Kebanyakan karena alasan tidak adanya dukungan modal, sehingga membuat mereka mencari investor di kota lain. 

“Karena itu, event ini menjadi ajang menghadirkan para investor itu ke Jogja, jadi bukan pelaku start-up yang keluar dari Jogja,” ujarnya.

Acara ini sendiri akan menghadirkan berbagai pembicara mumpuni di bidang teknologi khususnya start-up. 

Seperti Freddy Boey dari National University of Singapore (NUS) Enterprise, Axton Salim dari Innovation Factory, Iman Usman selaku Co-Founder and CPO Ruangguru, Adi Reza selaku CEO dan Co-Founder Mycotech, lalu Eli Pujiastuti, Director of Learning and Growth, ABP, Chandra Firmanto selaku Managing Partner, Indogen Capital dan lainnya.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X juga akan membuka acara ini secara virtual pada 17 November 2020.  (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment