News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

BPD DIY Ungkap Keberhasilan Penyaluran Kredit Dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Nasional

BPD DIY Ungkap Keberhasilan Penyaluran Kredit Dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Nasional

 

Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad 

WARTAJOGJA.ID: Bank BPD DIY mencatat perkembangan positif dalam penyaluran kredit dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebagai upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19

Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad memaparkan berdasarkan Perjanjian Kemitraan Penempatan Dana Dalam Rangka Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional Antara Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementrian Keuangan RI dengan PT Bank Pembangunan Daerah Daerah Istimew Yogyakarta Nomor PRJ-243/PB/2020 dan 00430/OM 0000 tanggal 11 Agustus 2020 telah dilakukan Penempatan Uang Negara sebesar Rp 1 T untuk periode 14 Agustus 2020 sampai dengan 10 Februari 2021 dengan tingkat bunga 2,80%.

Komitmen PT Bank BPD DIY terhadap penempatan uang negara tersebut sebesar Rp2 Triliun (dengan daya ungkit 2x) yang disalurkan pada 14 Agustus 2020 sampai dengan 10 Februari 2021.

"Realisasi penyaluran kredit dari 14 Agustus 2020 sampai dengan 13 November 2020 adalah Rp1,057 Triliun, telah tersalurkan lebih dari 50% sedangkan sebesar 943 miliar akan disalurkan sampai dengan 10 Februari 2021," Santoso Rohmad Rabu (18/11/2020).

Adapun pengaruh Positif PEN terhadap PT Bank BPD DIY antara lain menambah kepercayaan masyarakat karena Bank BPD DIY merupakan Bank yang sehat. Hal itu terbukti dari kepercayaan Pemerintah untuk menyalurkan dan PEN sebesar Rp1 triliun sesuai permintaan. Lalu Bank BPD DIY dapat memperluas dan meningkatkan ekspansi dengan lebih leluasa ditengah pandemi covid-19. Selain itu Bank BPD DIY juga mampu meningkatkan peranannya sebagai APEX Bank untuk lembaga Bank Perkreditan Rakyat (BPR) serta Bank BPD DIY dapat lebih berperan dalam program pemerintah khususnya Pemulian Ekonomi di DIY maupun Nasional.

Dalam kesempatan itu, Santoso juga mengatakan bahwa pembangunan proyek jalan tol trase Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo akan dimulai dalam waktu dekat ini setelah Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menetapkan PT Jogjasolo Marga Makmur sebagai pemenang tender pembangunan proyek jalan tol tersebut pada September lalu.

PT Jogjasolo Marga Makmur merupakan konsorsium yang terdiri dari PT Gama Group, PT Daya Mulia Turangga, PT Jasa Marga (Persero), Tbk. dan PT Adhi Karya (Persero), Tbk.Proyek jalan Tol Solo-Jogja-Yogyakarta International Airpot (YIA) Kulonprogo sepanjang 96 km ini rencananya mulai digarap pada November 2020 dan bisa beroperasi paling lambat 2023. Nilai investasi proyek tol Jogja-Solo ini mencapai RP26,6 triliun.

PT Bank BPD DIY sebagai agen pembangunan daerah ikut berperan aktif dalam proyek pembangunan Jalan Tol Solo-Jogja-YIA tersebut. Sebagai langkah awal, jajaran Bank BPD DIY telah melakukan pertemuan dengan pihak PT Jogjasolo Marga Makmur guna membahas hal-hal yang bisa dikerjasamakan.

"Rencananya MoU tersebut akan ditandatangani pada akhir November 2020 di Yogyakarta," kata Santoso Rohmad.

Dari pertemuan tersebut disepakati rencana kerjasama yang akan dituangkan dalam Nota Kesepahaman (MoU) yang meliputi beberapa hal diantaranya yakni Pembayaran dana Ganti Untung talangan tanah melalui rekening PT Bank BPD DIY, Kerjasama Pembiayaan dengan Sub Kontraktor yang mengerjakan konstruksi, Kerjasama Pembiayaan dana Talangan Tanah,  Kerjasama Kredit Investasi Untuk Pembangunan Tol PT. Jogja Solo Marga Makmur.

Atas berbagai terobosan yang dilakukan itu, sepanjang 2020 khususnya di masa pandemi Covid-19 Bank BPD DIY sendiri telah diganjar berbagai penghargaan. Antara lain Bank With Predicate “Excellent” TOP BUMD 2020 – Infobank & Asian Post Award 2020, 4Th The Best – Indonesia Sales Marketing Award IV 2020, 1st The Best – Corporate Secretary & Corporate Communication Award 2020, Bank Berpredikat “Sangat Sehat” – Indonesia Best Bank Award 2020, The Best Asset Quality Sharia Business Unit Comercial Bank 2020 – Infobank Sharia Award 2020,  The Most Efficient Sharia Business Unit Comercial Bank 2020 – InfoBank Sharia Award 2020, dan Juara Kategori- Star#4 TOP BUMD Awards 2020 - Top Business& Institut Otonom Daerah. 

Santoso menuturkan Bank BPD DIY juga berhasil meraih penghargaan Platinum Kategori Buku 2 – Iconomics Top Bank Awards 2020 dan Bank With Predicate “Excellent” for Financial Performance Full-Year 2019 – Infobank Awards 2020. (Arifin)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment