News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ini 3 Bakal Calon Rektor UNY Periode 2021-2025

Ini 3 Bakal Calon Rektor UNY Periode 2021-2025



WARTAJOGJA.ID : Sidang Senat Terbuka di Auditorium UNY pada Rabu (21/10) menyeleksi 5 orang bakal calon rektor Universitas Negeri Yogyakarta untuk menyampaikan visi, misi, dan program kerja. 

Hadir dalam penyampaian visi, misi, dan program kerja tersebut, senat, unsur dewan pertimbangan, dewan pengawas, sekretaris lembaga, SPI, wakil dekan, kajur, BEM  universitas dan fakultas, DPM universitas dan fakultas, kabag, kasubag, forum UKM. Juga mengundang Ibu Diah Ismayati, M.Pd. Kabiro SDM Kemendikbud, berkenan bergabung dengan zoom meeting. Sidang Senat Terbuka dipimpin dan dibuka oleh Ketua Senat UNY, Prof. Dr. Zamzani, M.Pd.

“Panitia sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mempersiapkan ruangan yang kita gunakan ini sehingga steril, sehat, terhindar dari Covid-19. Selanjutnya kami sampaikan bahwa nanti yang akan menyampaikan visi, misi, dan program kerja ada 5 bakal calon. Setiap bakal calon diberikan waktu 15 menit, dan setelah selesai paparan akan diberikan waktu kepada para undangan untuk memberikan pertanyaan. Lima menit setiap bakal calon rektor untuk menangggapi pertanyaan tersebut, dan akan dipandu oleh ketua senat,“ demikian disampaikan Ketua Panitia Pemilihan Rektor  UNY Periode 2021-2025, Prof. Dr. Moch. Farozin

Plt. Rektor UNY, Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi  kepada panitia yang telah mempersiapkan sosialisasi sampai dengan terselenggaranya kegiatan ini dengan lancar. Margana mengatakan, “Tradisi pemilihan rektor itu dilaksanakan setiap 4 tahun sekali, hal ini adalah hal biasa, bukan yang luar biasa, sehingga kami memohon kepada ibu bapak semua, untuk senantiasa menjadi situasi dan kondisi di UNY yang damai, yang meneduhkan, yang kondusif.”

“Siapapun pemimpinnya yang penting adalah kita bangun supersistem yang kuat, yang insyaallah UNY akan semakin mantap, semakin jaya,”harapan pertama pinta Margana.

Selanjutnya Margana mengatakan, “Insyaallah siapapun yang akan menjadi Rektor UNY periode 2021-2025, itu sudah ditakdirkan oleh Allah SWT.”

Kelima bakal calon yang menyampaikan visi, misi, dan program kerja tersebut, diawali oleh Prof. Dr. Sumaryanto saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan, urutan berikutnya Prof. Dr. Suyanta yang saat ini menjabat sebagai Direktur Pascasarjana, urutan ketiga Prof. Dr. Siswantoyo sekarang menjabat sebagai Ketua LPPM, urutan keempat Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, sekarang menjabat sebagai Ketua LPMPP, dan yang terakhir Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D. sekarang menjabat Dekan Fakultas Teknik.

Setelah menyampaikan visi, misi, dan program kerja,  kelima calon dinilai dalam Sidang Senat Tertutup untuk mendapatkan 3 calon bakal rektor. Penilaian meliputi 12 aspek, yaitu kejujuran, tanggungjawab, kedisiplinan, kepemimpinan, kemampuan komunikasi, kerjasama nasional dan/atau internasional, kinerja akademik, prestasi nasional dan/atau internasional, pengalaman jabatan managerial/tugas tambahan, pengalaman organisasi profesi nasional dan/atau internasional, pengalaman organisasi kemasyarakatan nasional dan/atau internasional, pemahaman kondisi UNY mulai tahun 2017 s/d Agustus 2021.

Berdasarkan Sidang Senat Tertutup dengan anggota senat berjumlah 49 (empat puluh sembilan) orang, hadir 49 (empat puluh sembilan ) orang dan tidak hadir 0 (nol), bahwa setiap anggota melaksanakan hak untuk memberikan penilaian dengan cara memberikan memberikan tanda silang (X), atau lingkar (O), atau centang (√) pada kolom yang telah disediakan dan kemudian memasukkannya ke dalam kotak yang sudah disediakan panitia.

Pemimpin rapat dibantu oleh  panitia pelaksana melaksanakan penghitungan hasil penilaian yang dilakukan oleh anggota senat. Hasil penghitungan penilaian sebagai berikut: rangking 1, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., Rangking 2: Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., Rangking 3: Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, M.Pd., Rangking 4: Prof. Herman Dwi Surjono, M.Sc., M.T., Ph.D., dan dan Rangking 5: Prof. Dr. Suyanta, M.Si.

Sehingga nama Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, M.Pd., akan dikirimkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang nantinya akan dipilih oleh Senat UNY bersama Menteri satu orang terpilih menjadi Rektor. (rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment