News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gelar Muswil DIY, Ketum Dekopin Serukan Koperasi Segera Lakukan Digitalisasi

Gelar Muswil DIY, Ketum Dekopin Serukan Koperasi Segera Lakukan Digitalisasi



Ketua Umum Dekopin Sri Untari Bisowarno menyerahkan pataka kepada Plt.Ketua Dekopinwil DIY Ir. RM. Herdjuno Sukotjiadi saat Muswil Dekopin DIY 2020, di Kota Yogyakarta, Kamis (15/10/20)

WARTAJOGJA.ID:  Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) mendorong seluruh anggotanya di tanah air untuk mulai melakukan digitalisasi. 

Bukan tanpa sebab, di era 4.0 ini, ditambah situasi pandemi Covid-19 yang tidak kunjung berakhir, aktivitas online menjadi keniscayaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Sri Untari Bisowarno saat membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) Dekopin DIY 2020, di Kota Yogyakarta, Kamis (15/10/20). Ia menilai, koperasi yang menerapkan digitalisasi masih sangat sedikit.

"Kondisi sekarang, harus kita akui, banyak koperasi yang belum mengikuti perkembangan zaman dengan baik. Ini menjadi salah satu fokus kami ya, supaya teman-teman koperasi mulai melirik regenerasi, tidak melupakan digitalisasi itu," terang Untari.

Ia menandaskan, seandainya tidak segera menerapkan langkah digitalisasi, maka koperasi bakal semakin cepat menemui masa senjakala. Menurutnya, koperasi di Yogya tidak akan menemui kesulitan, karena mereka didukung SDM, dan teknologi informasi yang memadahi.

"Koperasi-koperasi di Yogya saya rasa tak akan kesulitan. Sarana dan pra sarana di sini sudah sangat mendukung, untuk menerapkan digitalisasi itu," tandasnya.

"Era sekarang kan kita tidak mungkin bawa-bawa buku laporan keuangan yang tebal itu kemana-mana. Cukup dengan satu file saja. Jelas digitalisasi ini lebih simple, sekaligus murah tentunya," imbuh Untari.


Ketua Umum Dekopin
Sri Untari Bisowarno 

Lebih lanjut, demi kemajuan bersama, ia berharap, digitalisasi tidak hanya untuk sistem koperasi saja, tapi bisa dimanfaatkan juga untuk memasarkan produk-produk anggota. Dengan begitu, anggota-anggota yang mempunyai unit usaha, semakin mudah memasarkan produknya.

"Termasuk untuk memasarkan produk. Dengan digitalisasi, kita bisa memasarkan produk anggota koperasi sampai luar negeri, sampai Jerman sana. Sekarang ini era keterbukaan, kita tinggal manfaatkan fitur-fitur di smartphone ini ya. Sangat mudah," ucapnya.

Untari mengungkapkan, dalam situasi pandemi Covid-19, yang disertai melambatnya pertumbuhan ekonomi, digitalisasi pun dianggap sebagai solusi terbaik. Sebab, untuk penerapannya, tidak membutuhkan biaya besar dan semestinya dapat diikuti semua anggota koperasi tanpa terkecuali.

"Agar koperasi sadar dengan dunia digital, ini jadi fokus Dekopin. Sekarang ekonomi melambat, jika kita tidak bisa menguatkan digitalisasi, tidak masuk ke dunia digitalisasi, kita akan menjadi fosil," pungkasnya. 

Dalam kesempatan itu, Untari secara simbolis membuka muswil DIY dengan menyerahkan pataka kepada  
Plt. Ketua Dekopinwil DIY Ir. RM. Herdjuno Sukotjiadi.

Herdjuno berharap agar setelah adanya pelaksanaan muswil itu, berbagai kerja dan aktivitas organisasi tersebut di DIY ke depan semakin dapat bersinergi baik dengan pemerintah serta segala pihak pendukung dalam memajukan koperasi di DIY. (Cak/Rls)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment