News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dosen UAD Ajarkan Kelola Administrasi sekolah secara Online

Dosen UAD Ajarkan Kelola Administrasi sekolah secara Online


Dosen Prodi Teknik Informatika FTI Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengadakan pelatihan penggunaan aplikasi berbasis web untuk  pengelolaan administrasi sekolah secara online di SD Muhammadiyah Ambarketawang 3, Gamping, Sleman.


WARTAJOGJA.ID : Untuk menyederhanakan dan memudahkan pengelolaan administrasi sekolah, Dosen Prodi Teknik Informatika FTI Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengadakan pelatihan penggunaan aplikasi berbasis web untuk  pengelolaan administrasi sekolah secara online di SD Muhammadiyah Ambarketawang 3, Gamping, Sleman, belum lama ini (Kamis 22 Oktober 2020 lalu).

Kegiatan yang dikemas dalam Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) ini, diikuti oleh 16 wali kelas dan satu admin sekolah. Tim yaitu Ketua Pelaksana PPM UAD Mushlihudin, S.T., M.T., dan Anggota Drs. Wahyu Pujiyono, M.Kom., dibantu oleh mahasiswa Teknik Informatika Bayu Maulana Yogi Kisworo, Banu Harli Trimulya, dan Ari Junanda.  

Kepala Sekolah Purwanto, M.Si. mengatakan bahwa selama ini sudah menggunakan aplikasi excel untuk memasukan nilai dan mencetak rapot. 

Namun, sebagai sekolah dengan akreditasi A, ternyata masih saja membutuhkan waktu yang lama dan tidak efisien dalam menyelesaikan tugas administratif yang banyak dan komplek.

"Mudah-mudahan dengan adanya aplikasi yang akan dilatihkan pada hari ini dapat memberikan kemajuan dalam pengelolaan nilai siswa dan administrasi sekolah," terang Purwanto.

Mushlihudin menyampaikan, program pengabdian ini dilakukan secara berkesinambungan. Tidak selesai dalam satu waktu. Pelatihan hari ini masih pengenalan awal, dan akan diikuti dengan kegiatan berikutnya. Baik secara online maupun offline. 

"Mudah-mudahan dapat membantu menyelesaikan permasalah yang selama ini ada di sekolah," ujar Mushlihudin, di Kampus 4 UAD, Jalan Ring Road Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, Selasa (27/10).

Wahyu Pujiyono menjelaskan, program ini merupakan hasil karya mahasiswa yang terus dikembangkan dan disempurnakan menyesuaikan dengan perubahan dari kebijakan Diknas. Di era pandemi Covid-19 ini, seluruh administrasi hampir semua dilakukan secara online.

Maka, aplikasi ini cocok bagi sekolah untuk mempercepat pemanfaatan aplikasi berbasis web guna pengelolaan administrasi sekolah. Terutama nilai-nilai siswa yang dapat dipantau oleh para wali murid dari manapun. Aplikasi ini untuk 3 jenis pengguna yakni admin sekolah, wali kelas, dan wali murid. 

"Para peserta juga dilatih cara mengupload nilai. Baik secara entri langsung dan unggah file excel yang telah berisi nilai, dan pembuatan rapot yang dapat diexport dalam file pdf," ungkap Wahyu Pujiono.

Setelah pelatihan, masih akan dilakukan komunikasi secara daring untuk membantu penggunaan agar lebih baik.

Peserta sangat antusias. Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan pelatihan secara langsung, dengan mematuhi Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan dan Penyebaran Covid-19. Yakni Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, dan Tidak berkerumun (3M-1T). (Rio Ardian)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment