News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dibeli Pemda, Hotel Mutiara Akan Jadi Sentra UMKM DIY

Dibeli Pemda, Hotel Mutiara Akan Jadi Sentra UMKM DIY


WARTAJOGJA.ID: Hotel Mutiara yang terletak di kawasan Malioboro saat ini telah sah diakuisisi oleh Pemda DIY. Nantinya, bangunan ini rencananya akan difungsikan sebagai tempat UMKM memajang produknya.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X secara khusus meninjau bangunan Hotel Mutiara, Rabu (21/10) pagi di Kawasan Malioboro, Yogyakarta. Sri Sultan meninjau bangunan utara hotel yang terdiri atas 4 lantai dan bangunan selatan yang terdiri atas 7 lantai.

Rencanana menurut Sri Sultan, Hotel Mutiara terutama yang gedung utara akan dimaksimalkan untuk UMKM. Hal ini adalah untuk memfasilitasi tumbuh kembang UMKM di DIY, karena saat ini produk-produk kita sangat variatif. Bahkan yang sudah melalui standarisasi bisa berjualan di Bandara YIA.

Sri Sultan menginginkan peningkatan kualitas UMKM DIY di mata dunia. Melalui tampilan yang baru dan lebih apik serta lebih terpusat, diharapkan akan mampu mendongkrak penjualan produk-produk milik UMKM ini. Dengan begitu, peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat akan terwujud. “Ndak usah pake kalimat Mall UMKM ya. Nanti kita harapkan jualannya macam-macam jenis ya. Kita ingin memberi ruang  untuk UMKM kita agar tumbuh berkembang,” tutue Sri Sultan.

Sri Sultan menjelaskan, untuk proyek pengerjaan renovasinya sendiri masih belum bisa dilaksanakan tahun ini. Saat ini pihaknya sedang menggenjot rencana-rencana uuntuk mengeksusi Hotel Mutiara menjadi tempat display UMKM.

“Prinsipnya kita bertahap membangunnya. kita coba kita coba dulu yang sebelah utara. Tahun ini kita lihat dulu ada perubahan seperti apa. Biar nanti di desain dulu, kita kan belum mendesain dan pasti akan ada pembongkaran-pembongkaran maupun fasilitas lain yang harus harus diganti atau ditambah,” jelas Sri Sultan.

Sekda DIY Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan, saat ini Pemda DIY sedang melakukan kajian-kajian terkait dengan kondisi gedung. Pengkajian dilakukan di bangunan utara tersebut dahulu, yang memang diperuntukkan untuk UMKM. Setelah kajian selesai dilakukan baru di tahun 2021 akan dibuat DED dan uji kontruksi bangunan.

“Status Hotel Mutiara dibeli oleh Pemda DIY. Nanti kita coba sebelah utara kita desain untuk keperluan UMKM. Memang mau dipakai untuk mengembangkan UMKM, istilah beliau (Sri Sultan) UMKM naik kelas. Nanti kita liat setelah kajian dilakukan,” jelas Aji. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment