News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

1900 Hoaks Soal Covid-19 Bertebaran di Medsos, Menkominfo: Sudah Di Take Down

1900 Hoaks Soal Covid-19 Bertebaran di Medsos, Menkominfo: Sudah Di Take Down

 

Menteri Kominfo RI Johnny G. Plate (kanan)
bertemu Sultan HB X Jumat (15/10)

WARTAJOGJA.ID : Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI Johnny G. Plate mengatakan di masa pandemi Covid-19 ini informasi hoax atau bohong masih terus bermunculan di berbagai platform khususnya media sosial.

Johnny mengatakan berdasarkan data yang dihimpun Kemenkominfo RI, terdapat hampir dua ribu sebaran informasi hoaks terkait Covid-19 yang tersebar di platform digital. Mulai Youtube, Twitter, Instagram, hingga Tik Tok.

“Kami sudah minta agar hoax-hoax itu di take down oleh pengelola platform-platform itu. Saat ini hampir 1900-an hoaks sudah di take down oleh platform digital bersangkutan,” ujar Johny di sela pertemuan dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kantor Kepatihan Yogyakarta Jumat 15 Oktober 2020.

Johny menuturkan, pihaknya secara pribadi juga sudah berkomunikasi dengan pengelola platform digital bersangkutan tidak hanya yang berada di Indonesia. Namun juga yang berada di negara lain.

“Bulan lalu (September) saya sudah berkomunikasi juga dengan Susan Wojcicki, CEO Youtube, di Amerika Serikat untuk mengambil langkah cepat pembersihan hoax di platformnya,” ujar Johnny.

Untuk memberantas berbagai berita bohong tersebut, Johnny menuturkan, bahwa sesuai Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau UU ITE, pemerintah serta masyarakat harus menjaga ruang digital agar tetap bersih dari berita bohong. Dengan menerapkan dua hal yakni cek dan ricek, serta konfirmasi tentang informasi yang berkembang di ruang digital dan labelling. (Cak/Rls)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment