News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sikap Mayoritas DPC PAN Se-Sleman Soal Pilkada 2020: Tolak Dinasti Politik

Sikap Mayoritas DPC PAN Se-Sleman Soal Pilkada 2020: Tolak Dinasti Politik



WARTAJOGJA.ID: Ada geliat pergerakan arus bawah DPC PAN se-Sleman dalam menyikapi Pilkada 2020.

Pada Selasa 4 Agustus 2020 bertempat di Kantor DPD PAN Sleman, Jalan Pandowoharjo, perwakilan dari 17 DPC itu sepakat menyatakan menolak munculnya dinasti politik dalam pilkada mendatang.

Nurhidayat, juru bicara 17 DPC PAN se-Kabupaten Sleman membeberkan penolakan dinasti politik itu sama sekali tidak ditujukan ke personal.

“Ini hanya sebagai ungkapan dan harapan kami, supaya dalam tubuh PAN, terjadi kaderisasi kepemimpinan untuk menciptakan sistem yang lebih baik sebagai partai modern,”kata Nurhidayat.

Menurut dia, pernyataan sikap ini merupakan rumusan yang dihasilkan saat koordinasi antara semua DPC dengan DPD PAN Sleman pada 28 Juli 2020. Pada pertemuan itu, DPD PAN Sleman ingin mendengarkan aspirasi sesungguhnya dari pimpinan tingkat kecamatan, kader, anggota maupun konstituen di lingkungan masing-masing.

Ia pun mengakui, di arus bawah, ada semacam kegelisahan di kalangan  kader PAN terkait pedoman partai tentang penjaringan bakal calon yang maju pilkada.

“Yang kami pahami, setiap bakal calon harus mendaftarkan diri ke DPD. Ketika tidak melewati mekanisme penjaringan secara internal, sesungguhnya bisa dikatakan dia bukan bakal calon yang dimunculkan DPD,” ujarnya

Menurut dia, semestinya disiplin partai tetap dipegang namun demikian jika kemudian ada aspirasi lain.


Nurhidayat mengatakan PAN di Sleman sudah dua periode berturut-turut memenangkan konstelasi Pilkada bersama koalisi yang dibangun dan dipimpin PAN.

Ia menjelaskan pada prinsipnya 17 DPC tetap mendukung penuh langkah-langkah DPD PAN Sleman melanjutkan upaya koalisi.

“Harapan kami DPP mau memperhatikan arus bawah. Sikap kami ini lebih pada memegang mekanisme dan prinsip visi idealisme PAN. Ini aspirasi murni. Sebelum itu kami sudah mengirim beberapa surat ke DPP,” kata dia.

(Arifin Wahyu Putra)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment