News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Resmikan Bandara YIA, Jokowi : Pembangunannya Sangat Cepat

Resmikan Bandara YIA, Jokowi : Pembangunannya Sangat Cepat


WARTAJOGJA.ID : Presiden RI, Joko Widodo secara langsung meresmikan Yogyakarta International Airport (YIA) pada Jumat (28/08). Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X pun turut mendampingi saat peresmian.

Hadir pula Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN RI, Erick Thohir, dan Bupati Kulon Progo, Sutedjo. Pada acara ini turut diresmikan pula Pengoperasian Menara Airnav Indonesia, serta Sistem Peringatan Dini Tsunami.

Dalam sambutannya, Presiden RI, Joko Widodo menegaskan jika YIA kini telah selesai 100%. Bandara ini tergolong pembangunan fisik yang dikerjakan dengan sangat cepat, yakni hanya 20 bulan. Total biaya pembangunan YIA mencapai Rp11,3triliun.

“Kalau kita bandingkan dengan airport lama (Bandara Adisutjipto), panjangnya 2.200 meter, sedangkan YIA 3.250 meter. Karena itu, YIA ini bisa didarati Airbus 380 dan Boeing 777,” imbuhnya. Jokowi menambahkan, meski sekarang kondisi YIA masih sepi, tetapi nantinya saat vaksinasi CoViD-19 sudah dimulai, YIA kemungkinan bisa menjadi bandara yang paling ramai di Indonesia.

Usai peresmian, Jokowi langsung menuju Gedung Agung, Yogyakarta untuk menghadiri acara pemberian Bantuan Presiden Produktif Usah Mikro.

Sri Sultan dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi guna meresmikan YIA. “Semoga dengan adanya pengoperasian airport ini memberikan peluang bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat DIY makin meningkat lagi,” imbuh Sri Srultan.

Sri Sultan mengungkapkan, pada awal rencana pembangunan YIA, Jokowi telah berpesan agar tidak perlu mengkhawatirkan persoalan uang. “Bapak Presiden berpesan, soal uang itu tanggung jawab saya, tapi mulai dari pembebasan tanah, konsep arsitektur, pembangunan, sampai selesai tanggung jawab Pak Gubernur,” ujar Sri Sultan.

Selanjutnya, Sri Sultan berharap semua pihak ikut bertanggung jawab untuk menjaga dan merawat bandara.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment