News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Polda Jateng Apresiasi Dedikasi Tenaga Medis, Urus SIM Bisa Dari Rumah Sakit

Polda Jateng Apresiasi Dedikasi Tenaga Medis, Urus SIM Bisa Dari Rumah Sakit



Layanan SIM Keliling Polda Jateng
di RS Kariadi Semarang

WARTAJOGJA.ID: Perkembangan kasus Covid-19 di tanah air yang hingga Agustus ini belum menunjukkan tanda tanda penurunan membuat berbagai pihak masih merasa khawatir.

Di luar sana, tenaga medis terus berjuang merawat dan menyembuhkan korban korban baru penularan virus baru yang terus muncul.

Dedikasi para tenaga medis yang berjuang memutus rantai penyebaran Covid-19 di Jawa Tengah pun mendapat apresiasi Direktorat Lalu Lintas Ditlantas Polda Jawa Tengah.

Dengan sigap, Ditlantas Polda Jawa Tengah pimpinan Kombes Pol Arman Achdiat itu mengerahkan unit mobil pelayanan SIM (Surat Izin Mengemudi) keliling seperti salah satunya di RS Kariadi Semarang.

Pengerahan mobil pelayanan SIM keliling ini guna mempermudah perpanjangan SIM tenaga medis dan warga di sekitar rumah sakit yang membutuhkan dengan pola jemput bola.

Layanan ini sekaligus mewujudkan misi Polantas Hadir selama Operasi Candi Patuh 2020 sekaligus apresiasi atas darma bhakti tenaga medis dalam menahan pandemi COVID-19 tidak semakin meluas. 

Lewat kerja sama dengan rumah sakit, mobil pelayanan SIM mulai uji coba pada tanggal  3 dan 4 Agustus 2020 di RS Kariadi Semarang

“Waktu untuk dokter dan paramedis  sangat terbatas. Sebagai komitmen polisi menghargai sumbangsih mereka, kami usahakan sistem jemput bola menggunakan Mobil Pelayanan SIM Keliling,”kata Kombes Pol Arman Achdiat.




Layanan SIM Keliling Polda Jateng di RS Kariadi Semarang.


Lokasi mobil pelayanan SIM keliling bergeser dari tempatnya semula ke rumah sakit demi mengurangi beban psikis tenaga medis, setidaknya mereka tidak perlu pergi jauh dan mengantri mengingat keberadaannya sangat dibutuhkan selalu berada di pos layanan kesehatan masing-masing. 

Tentu saja kesempatan ini juga terbuka untuk masyarakat umum yang membutuhkan layanan perpanjangan SIM. 

Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Arman Achdiat berpendapat tenaga kesehatan dan polisi adalah garda terdepan penanggulanan COVID-19. Tenaga kesehatan mengobati penyakit, sementara polisi lalulintas bersama aparat lainnya bergerak pada level pencegahan dan penegakan hukum. 

Dalam operasinya, polisi lalulintas juga menggelorakan adaptasi kebiasaan baru di samping memeriksa lalu lintas manusia dan barang.

Adapun prosedur pemanfaatan layanan SIM unit mobil keliling ini, kata Kombes Pol Arman Achdiat, hanya melayani perpanjangan SIM A dan SIM C. 

Mereka yang membutuhkan layanan lebih dulu mendaftar dengan menyerahkan fotokopi KTP dan mengisi biodata lengkap pada formulir yang tersedia. 
Sebelum memasuki mobil pelayanan, pemohon menjalani protokol adaptasi kebiasaan baru, lalu menyerahkan fotokopi KTP dan membawa alat tulis untuk mengisi dokumen dan tetap menerapkan physical distancing. Pemohon tanpa masker, apalagi bergerombol, tidak dilayani. 

Polantas, sambung Kombes Pol Arman Achdiat, memberikan kemudahan. Tetapi kesehatan dan keselamatan tetap paling utama.
Sebagaimana diketahui jumlah pasien baru COVID-19 di Jateng naik signifikan diurutan ketiga provinsi dengan penderita terbanyak setelah Jatim dan DKI. 

(Rls/Cak)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment