News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pencegahan Covid–19 DIY Diapresiasi KSAD dan Wakapolri

Pencegahan Covid–19 DIY Diapresiasi KSAD dan Wakapolri



WARTAJOGJA.ID :  Penanganan Covid–19 di DIY dinilai bisa dijadikan best practice untuk daerah lain. Hal ini menjadi kesimpulan dalam diskusi antara Wagub DIY KGPAA Paku Alam X bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa dan Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Rabu (26/08) di Ndalem Ageng, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Diskusi tersebut digelar dalam rangka kunjungan kerja dari pusat guna memantau langsung kinerja Tim Gugus Tugas Pencehan Covid–19 DIY. Pada kesempatan tersebut, dilakukan pemaparan kinerja Tim Gugus Tugas Pencehan Covid–19 DIY pada berbagai aspek. Kesehatan, ekonomi, Jogja Pass dan cleansing data, menjadi hal-hal yang dibahas pada diskusi tersebut.

Ditemui usai diskusi, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa mengungkapkan, saat ini yang terpenting memang kedisiplinan penerapan protokol kesehatan menajdi kunci ampuh untuk mencegah Covid–19. Sementara untuk obat virus corona, Andika mengungkapkan saat ini proses uji klinis telah dilakukan. Proses telah berlanjut di meja BPOM sejak 19 Agustus 2020 lalu.

“Itu memang memang pertama kali diserahkan hasilnya maupun corrective and preventive action. Nah dari situlah mungkin BPOM harus me-review, melihat kembali dan semangat, pada saat kami datang ke BPM menyerahkan, semangatnya adalah masing-masing ingin memberikan yang terbaik,” ungkap Andika.

Lebih lanjut Andika menjelaskan, BPOM akan melakukan review kalau memang ditemukan ada kekurangan dalam hal uji klinis, pihaknya siap untuk memperbaikinya. Dokumen-dokumen dari corrective and preventive action tersebut dikirim ulang pada Senin (24/08) lalu kepada BPOM, sehingga pihak TNI tinggal menunggu dan siap dengan segala proses yang harus ditindaklanjuti.

“Kita menunggu sampai dengan hasil review selesai, feed back kepada kita juga diberikan, dan kita pun menindaklanjutinya itu aja. Tapi kita pasti akan berusaha untuk melakukan yang terbaik dan secepat-cepatnya,” tutu Andika.

Sementara itu, Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono menambahkan, pihaknya telah menerima masukan dari Wagub DIY beserta jajarannya terkait dengan penanganan Covid–19. Protokol kesesatan di DIY memang menjadi salah satu yang patut diapresiasi dalam penanganan dan peceahan Covid - 19. Selain itu, saat ini Presiden RI jika sedang gencar melaksanakan kampanye penggunaan masker.

“Alhamdulillah tadi dari Pak Wagub dan jajaran sudah punya netizen-netizen, warga net dan lain sebagainya yang ikut mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat. Mari kita glorifikasi lagi. Ayo kita gunakan masker nakan sebagai gaya hidup dan menjadi budaya kita, supaya kita bisa memutus rantai penyebaran Covid 19 ini,” tutur Gatot.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD DIY Drs. Biworo Yuswantana, M.Si mengungkapkan, pada pertemuan tadi KSAD menuturkan akan memberikan bantuan laboratorium di RS. DKT dr. Sutarto, yang merupakan rumahsakit militer.

“Tadi secepatnya Pak KSAD menjanjikan akan membatu pendirian lab di sana (RS. DKT dr. Sutarto) dengan teknologi terkini. Laboratorium ini untuk pemeriksaan swab (usap) ya jadi khusus untuk Covid. Segala sesuatunya sedang kita siapkan,” ungkap Biworo.

Turut mendampingi Wagub DIY pada kesempatan tersebut yakni Danrem 072 Pamungkas, Kapolda DIY, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan DIY, Kelapa Dinas Kesehatan DIY, Kalak BPBD DIY, Kepala Dinas Kominfo DIY, beserta jajaran Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid–19 DIY.

(***)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment