News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Main Ke Kampung Sutodirjan Yogya Yang Eksotis Dengan Nuansa Merah Putih

Main Ke Kampung Sutodirjan Yogya Yang Eksotis Dengan Nuansa Merah Putih




WARTAJOGJA.ID :  Agustus tahun 2020 ini Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke 75.

Walaupun masih diliputi suasana pandemi Covid-19, namun semangat warga dalam merayakan kemerdekaan masoh cukup terasa di berbagai wilayah tak terkecuali Yogyakarta.

Bicara soal Yogya, memang kreativitas masyarakatnya seolah tak pernah habis. Satu contoh kreativitas itu bisa terlihat misalnya di Kampung Sutodirjan tepatnya RW 20, Gedong Tengen, Pringgokusuman Yogyakarta.

Memasuki kampung ini, hampir tiap sudutnya bernuansa merah putih. Mulai dari gapura, jalan, tembok, rumah, atap bahkan sampai gentong-gentong tempat warga cuci tangan di masa pandemi ini juga dibalut nuansa merah putih.

Tak kalah menariknya, space di atas kampung yang menghadap langit cerah juga ikut mendapat sentuhan artistik. Deretan payung warna merah putih digelantungkan secara tertata dan rapi, juga sangat instagramable bagi yang ingin berswafoto.




Tak heran, nama kampung Sutodirjan
sendiri sempat dikenal secara luas berkat sejumlah prestasi yang pernah diraihnya di ajang lomba nasional. Setidaknya ada dua lomba tingkat nasional yang membuat nama Sutodirjan Yogya terangkat.

Antara lain kampung ini pernah diikutkan dalam festival Gapura Cinta Negeri se-Indonesia 2019 lalu. Sebuah perlombaan nasional yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Sekretariat Negara RI, Wonderful Indonesia dan Bekraf.

Kampung Sutodirjan saat itu menempati urutan ke 10 dari 40 kandidat yang terpilih untuk Kategori Umum Penerima Apresiasi. Padahal saat itu tak kurang ada 1.406 kampung dari seluruh Indonesia yang ikut serta ajang itu, namun Sutodirjan berhasil menembusnya. 

Lalu saat momentum Piala Dunia 2018 silam, Sutodirjan juga mengharumkan nama Yogya setelah berhasil menyabet juara ke 2 lomba nasional menghias kampung se-Indonesia dan dinobatkan jadi kampung piala dunia.



Dan kini, di momentum HUT RI ke 75, Sutodirjan juga tengah mengikuti lomba nasional Rayakan Kemerdekaan RI yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI bertema #BangkitUntukIndonesiaMaju.

Melalui kampanye hastag #sutodirjanbangkituntukindonesiamaju yang digaungkan di lini jagad maya, Kampung Sutodirjan pun berupaya meraih asa menggaungkan nama Yogya kembali di kancah lomba nasional kali ini.

"Seluruh proses kreatif dilakukan secara swadaya, bersama sama oleh warga dengan penuh semangat, gotong royong dan mengutamakan kebersamaan," ujar Ketua RW 20 Gedong Tengen, Budi Wibowo,

Anggota Komisi D DPRD Kota Yogya dari Fraksi Partai Golkar, Yoga Prasetyo Pri Hutomo turut mengapresiasi dengan menterengnya nama Sutodirjan sebagai satu kampung kreatif yang berulangkali mengharumkan nama Yogya di ajang lomba nasional.


"Kampung Sutodirjan memiliki potensi yang menarik berkat kreativitas warganya, hal hal seperti ini patut jadi perhatian bersama terutama pemerintah," ujar Hutomo.

Hutomo menuturkan, pihaknya mendorong agar kreativitas yang tumbuh dari warga di Kota Yogyakarta senantiasa bisa mendapat dukungan. Sebab bagaimanapun, ujar dia, salah satu modal dasar mengembangkan sektor unggulan Yogya yakni wisata, juga berasal dari kreativitas yang tumbuh di masyarakar. Seperti di Sutodirjan itu. 

(Cak/Rls)
 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment