News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Catat! Golkar Kota Yogya Buka Pendaftaran Calon Ketua Umum 2020-2025

Catat! Golkar Kota Yogya Buka Pendaftaran Calon Ketua Umum 2020-2025



WARTAJOGJA.ID:  DPD II Partai Golkar Kota Yogyakarta menjadwalkan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) X pada Minggu (30/8/2020) mendatang.

Salah satu agenda penting dalam Musda itu tak lain pergantian pengurus yang didapuk bertugas memimpin Golkar Kota Yogya ke depan.

Oleh sebab itu, saat ini DPD II Partai Golkar Kota Yogyakarta membuka pendaftaran dan penjaringan calon ketua umum untuk periode 2020-2025.

“Untuk pendaftaran kami buka selama dua hari ke depan pada 27-28 Agustus 2020 di kantor sekretariat setempat selama jam kerja,” kata Ketua Umum DPD II Golkar Kota Yogyakarta, Augus Nur dalam konferensi pers Rabu (26/8).

Ada beberapa persyaratan wajib dipenuhi bakal calon yang mendaftar.

Antara lain, terkait tingkat keaktifan sebagai pengurus partai yang sekurang-kurangnya selama satu periode atau lima tahun, lalu berpendidikan minimal Strata 1 atau sederajat, mempunyai kapasitas, kapabilitas dan akseptabilitas, serta tidak sedang menjadi anggota partai politik (parpol) lain.

"Kemudian, kader yang hendak mencalonkan diri harus mendapat dukungan dari paling sedikit 30 persen pemilik suara yang sah," katanya.

Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Kota Yogyakarta Sri Retnowati dalam kesempatan itu mengatakan persyaratan yang juga tak kalah penting , calon ketua DPD Golkar Kota Yogya juga tak boleh terlibat praktik korupsi, kolusi dan nepotisme.

“Kader yang maju juga tak pernah terlibat atau berafiliasi atau memiliki ideologi sama dengan partai terlarang seperti PKI,” ujar Sri Retnowati.

Sri menuturkan calon ketua DPD Golkar Kota Yogya juga musti memiliki kapabilitas, kemampuan, dan jiwa kepemimpinan. 

Sementara itu Ketua DPD II Golkar Kota Yogyakarta Augusnur menambahkan terdapat kemungkinan ada lebih dari satu calon yang mendaftar, sehingga terjadi konstestasi dalam Musda X mendatang.

Walau begitu, ia berujar, dinamika semacam ini adalah wajar, selama berjalan fair dan tak menimbulkan perpecahan.

"Tapi, kalau yang mendaftar hanya satu orang saja, nanti diselesaikan dengan musyawarah mufakat. Harapan kami, Musda bisa berjalan dengan baik dan lancar, karena proses seperti ini harus kita lalui," katanya.

Augus yang sudah menjabat Ketua Umum DPD II Golkar Kota Yogyakarta selama dua periode pun memastikan tak akan mencalonkan diri kembali, meski peluang sebenarnya terbuka.

Menurutnya, sudah saatnya kader-kader yang lebih muda mengambil alih kepemimpinan.

"Saya sudah tidak pengen, legowo lah. Siapa saja yang jadi ketua, tidak masalah, selama itu sesuai dengan syarat dan ketentuan. Apalagi, saya melihat banyak kader kita yang mumpuni," ujar Anggota DPRD Kota Yogya tersebut.

Lebih lanjut, Augus menegaskan bahwa polemik antara DPD dengan beberapa pengurus tingkat kecamatan yang sempat terjadi beberapa waktu lalu sudah berakhir.

Kini, semua pihak sudah mencapai kesepahaman dan siap bersama-sama membesarkan nama Golkar.

"Kita berpikir semuanya sudah sejalan lah, sama-sama ke depan membesarkan Golkar. Kita punya target di Pemilu 2024. Hal-hal seperti itu sifatnya kontra produktif, jadi harus diminimalisir," kata dia.

(Cak/Rls)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment