News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sultan HB X : Atasi Trauma Sosial Sebelum Normal Baru

Sultan HB X : Atasi Trauma Sosial Sebelum Normal Baru




WARTAJOGJA.ID : Raja Keraton yang juga Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menuturkan untuk menempuh kehidupan normal baru pasca pandemi Covid-19 berkepanjangan butuh persiapan.

DIY sendiri menyatakan saat ini masih masa tanggap darurat bencana Covid-19. Normal baru belum diumumkan kepastiannya akan berlaku mulai kapan.

"Di masa pengenalan normal baru itu pertama tama harus mengatasi trauma sosial. Perlu socio-cultural healing terlebih dulu. Bangun dari keterpurukan yang menghantam tiba-tiba," ujar Sultan Selasa 23 Juni 2020.

Sultan menilai penerapan normal baru, bukan sekedar membuka kembali aktivitas dengan standar dan protokol tertentu. Namun harus ada dulu sikap saling percaya untuk kebaikan bersama. 

Sebab pada fase menuju new normal, ujar Sultan, publik masih dihadapkan  dalam situasi sosial yang digelayuti berbagai kekhawatiran. 
Maka menurut Sultan kebijakan normal baru mau tak mau diawali dengan fase prakondisi. Agar publik tidak kaget. Fase inilah yang dinilai paling menentukan implementasi new normal apakah akan berjalan sesuai yang diidealkan atau tidak.

"Di fase pra kondisi new normal ini, idealnya, kesadaran masyarakat berperilaku sesuai protokol kesehatan sudah terpatri dalam benak dan kehidupan sehari-hari, proses ini yang harus dijalankan," ujarnya.

(Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment