News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sambangi Perbatasan Purworejo, DPRD DIY Kaji Wilayah Penyangga New Normal

Sambangi Perbatasan Purworejo, DPRD DIY Kaji Wilayah Penyangga New Normal

Komisi B DPRD DIY bertemu Muspika Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo Rabu (17/6)


WARTAJOGJA.ID: Jajaran pimpinan hingga anggota Komisi B DPRD DIY menyambangi Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo Jawa Tengah yang berbatasan dengan Kabupaten Kulonprogo DIY Rabu 17 Juni 2020.

Ketua Komisi B DPRD DIY Danang Wahyu Broto menuturkan dalam kunjungan itu DPRD DIY bertemu dengan musyawarah pimpinan kecamatan Purwodadi Purworejo untuk membahas sejumlah hal, khususnya persiapan new normal pasca pandemi Covid-19.

“Kami menggali lebih jauh informasi seputar bagaimana Kabupaten Purworejo, khususnya Kecamatan Purwodadi dalam menangani pandemi Covid,” ujar Danang.

Danang menuturkan kunjungan ke perbatasan itu demi melihat secara utuh, bagaimana seharusnya kelak skenario new normal dijalankan di wilayah yang berbatasan langsung dengan DIY. Sebab bagaimanapun, new normal tak bisa dijalankan sendiri namun juga melihat kesiapan daerah-daerah penyangga di sekitar wilayah itu apakah sudah siap atau tidak menjalankan protokol yang ada.

“Cukup banyak informasi yang kami dapatkan dalam monitoring di perbatasan ini. Khususnya bagaimana situasi mobilisasi orang dan barang dari Purworejo-Yogya juga sebaliknya, ,” ujarnya.


Danang mengatakan Komisi B DPRD DIY juga melihat bagaimana sektor industri dan UMKM di kawasan perbatasan itu menggeliat di tengah pandemi. Serta persiapan sektor pariwisatanya.

Tak hanya bertemu muspika di Kecamatan Purwodadi Purwrejo, dewan juga memantau geliat pesisir yang ada di kawasan Pantai Dewa Ruci Jatimalang Purworejo.
“Kawasan wisata pantai itu juga sudah mulai didatangi pengunjung dengan menerapkan protokol new normal,” ujarnya.

Dari kunjungan perbatasan itu, Danang berharap bisa menjadi satu referensi DIY menjalankan new normal di berbagai sektor. Baik ekonomi, wisata, kesehatan dan industrinya.

“Di masa new normal nanti kami juga berharap DIY bisa menjalin kerjasama dengan perbatasan seperti Purworejo sehingga pemulihan berbagai bidang saat new normal makin efektif,” ujarnya.
Komisi B DPRD DIY bertemu Muspika Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo Rabu (17/6)

Terpisah, dalam pertemuan Forum Sekretaris Daerah se-DIY di Kompleks Kepatihan Rabu (17/6), Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan pengesahan Rancangan Pergub DIY tentang SOP Tatanan Baru/New Normal menjadi Pergub rencananya akan dilaksanakan mulai 1 Juli  2020 mendatang.

Adapun Kepala Biro Organisaasi DIY YB. Jarot Budi Harjo mengatakan Pemerintah DIY telah merancang Peraturan Gubernur DIY tentang SOP pasca wabah Covid-19 yang garis besarnya yakni pengaturan ASN, pengaturan perekonomian, dan lainnya. "Agar SOP ini bisa berjalan dengan baik, kabupaten/kota perlu memberikan masukan untuk penyempurnaannya," ujarnya.

(Cak/Fin)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment