News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Obyek Wisata Yogya Yang Disiapkan Beroperasi Awal Saat New Normal

Obyek Wisata Yogya Yang Disiapkan Beroperasi Awal Saat New Normal


Gunung Api Purba Nglanggeran

WARTAJOGJA.ID : Dinas Pariwisata DI Yogyakarta tengah memfinalisasi persiapan sektor wisata sebelum beroperasi kembali di masa new normal.

Persiapan yang dilakukan meliputi sisi destinasi, fasilitas, dan terutama sistem protokol yang mengacu tiga prinsip utama : kesehatan, keselamatan, dan keamanan.

“Rencana minggu depan beberapa destinasi mulai melakukan simulasi, lalu evaluasi protokol dan SOP (standar operasional prosedur) kemudian uji coba pembukaan di minggu ketiga dan keempat Juni,” ujar Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardjo dihubungi Kamis 4 Juni 2020.

New normal di Yogya sendiri diproyeksikan paling cepat bulan Juli 2020 usai masa tanggap darurat selesai.

Lantas, mana saja obyek-obyek wisata yang dinilai paling siap protokolnya dan direkomendasikan Dinas Pariwisata DIY untuk beroperasi lebih dulu di masa new normal?

1.Gunung Api Purba Nglanggeran 

Singgih menuturkan berdasarkan hasil rapat dengan para pengelola wisata pada Kamis (4/6). Gunung Api Purba Nglanggeran yang ada di Kecamatan Patuk Gunungkidul termasuk obyek paling siap untuk dikunjungi karena sudah siap menjalankan protokol serta menyediakan sarana dan fasilitas mendukung protokol pencegahan Covid-19.

Obyek yang merupakan bagian dari Kawasan Gunung Sewu yang berstatus sebagai geopark dunia itu memiliki sejumlah obyek andalan seperti Embung Nglanggeran, Air Terjun Kedung Kandang, Griya Cokelat Nglanggeran, Homestay serta Kampung Pitu.

“Kami minta dalam sehari-dua hari ini kami minta kesiapan Gunung Purba Nglanggeran dipastikan lagi, sebelum nanti simulasi dan masuk ujicoba pembukaan,” ujar Singgih.


2. Kalisuci Cave Tubing Gunungkidul

Obyek wisata Cave Tubing Kalisuci yang mengandalkan aktivitas susur sungai bawah tanah ini berlokasi di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Obyek ini juga dianggap paling siap ditawarkan ke wisatawan di masa new normal.


3. Pantai Baron

Dinas Pariwisata DIY menyatakan pantai andalan Gunungkidul yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, itu menjadi obyek wisata pantai paling siap menyambut new normal. “Pantai Baron juga kami minta melakukan simulasi sebelum diujicoba buka kembali,” ujarnya.

4. Taman Pintar dan Gembira Loka 

Dua obyek wisata andalan di Kota Yogya ini yang dalam versi Dinas Pariwisata DIY juga siap menjalankan protokol new normal dengan segala kelengkapan saran dan fasilitas pencegahan Covid-19 untuk wisatawan.

Taman Pintar merupakan wahan rekreasi keluarga yang menawarkan wisata pendidikan dan Gembira Loka merupakan kebun binatang terbesar di wilayah DIY Jawa Tengah.

5. Kaliurang dan Tebing Breksi

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih menuturkan obyek wisata Kaliurang dan Tebing Breksi akan menjadi obyek paling awal diujicoba untuk pembukaan di masa new normal.

“Kami menunggu dari pemerintah DIY untuk menerapkan ujicoba dua obyek wisata itu,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardjo menuturkan dalam protokol yang disusun untuk obyek wisata antara lain juga mengatur pembatasan jumlah pengunjung untuk memastikan physical distancing. Selain itu jam operasional bagi obyek wisata juga diatur.

“Yang paling umum penggunaan masker dan fasilitas cuci tangan tak boleh ditawar-tawar harus diterapkan,” ujarnya.

(Han/San) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment