News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hari Lahir Pancasila, UGM Gelar Upacara Secara Online

Hari Lahir Pancasila, UGM Gelar Upacara Secara Online




WARTAJOGJA.ID : Peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini jatuh ditengah pandemi COVID-19. Biasanya, sekolah dan instansi pemerintah menggelar upacara di lapangan. Rupanya, peringatan Harlah Pancasila kali ini juga dilakukan upacara di Yogyakarta. Hanya saja, upacara dilakukan via online.

Senin (1/6/2020) pagi, Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara online. Upacara yang digelar di kampus ini hanya dihadiri oleh petugas upacara saja. Sedang pembina dan peserta upacara mengikutinya secara online.

“Pengalaman semasa pandemi yang dialami oleh bangsa ini tidak diragukan lagi, jika nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong, dapat terus diamalkan dalam menyelesaikan permasalahan bangsa lainnya, maka Indonesia akan menjadi unggul dalam tataran Internasional," kata Rektor UGM, Panut Mulyono.

Ia menyebutkan, dalam kondisi pandemi COVID-19 ini, nilai-nilai Pancasila masih tampak dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, bahkan semakin kuat. Mereka saling membantu, berinisiatif gotong royong tanpa diperintah, tanpa melihat agama, ras, maupun asal-usul.

“Kita baca di berbagai media, para pemuka agama serempak mengedukasi masyarakat agar melakukan ibadah di rumah. Selain itu, kemanusiaan ditunjukkan dalam banyaknya jumlah masyarakat yang mendaftar sebagai relawan," ujarnya.

Lebih lanjut, total hingga akhir April dari data yang dihimpun dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, terdapat lebih 27.000 relawan. Hal ini pun belum termasuk relawan yang bergerak secara pribadi maupun komunitas. Donasi juga terus masyarakat galang secara gotong royong dari berbagai platform hingga mencapai angka miliaran rupiah.


Dari hal tersebut, Panut menyimpulkan bahwa nilai-nilai Pancasila yang diamalkan masyarakat tersebut merupakan modal sosial yang tinggi. Jika modal sosial ini terus terpelihara di masa-masa normal baru hingga kembali normal lagi nanti, maka pemulihan akan lebih cepat, bahkan dapat mengejar ketertinggalan dari negara-negara tetangga. 

"Oleh karenanya, mari bersama-sama untuk terus mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita,” pungkasnya.

(Rls/Dho)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment