News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Aturan Ketat Gembira Loka Saat New Normal

Aturan Ketat Gembira Loka Saat New Normal


Pengecekan suhu di GL Zoo

WARTAJOGJA.ID : Kebun binatang Gembira Loka (GL Zoo) di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah merampungkan sejumlah aturan jika kembali beroperasi di masa new normal.

Pertama, manajemen akan membatasi jumlah wisatawan untuk memudahkan penerapan aturan jaga jarak. Pada awal GL Zoo buka, pengunjung akan dibatasi maksimal 2.500 orang.

Gembira Loka juga akan mewajibkan pengunjung memakai sarung tangan plastik. Hal ini untuk meminimalkan risiko penyebaran Covid-19.

Direktur Utama GL Zoo, KMT A. Tirtodiprojo, mengatakan, penyusunan standard operating procedur (SOP) wisata normal baru di kebun binatang itu memasuki tahap akhir. Selain harus jaga jarak, cuci tangan,dan memakai masker, pengunjung akan diberi kaos tangan plastik.

“Kaos tangan ini hanya sebagai pengingat agar pengunjung tidak sering menyentuh permukaan benda,” kata dia saat dihubungi Selasa (16/6).

Menurutnya, pengelola tak akan tergesa-gesa membuka GL Zoo. Manajemen akan mengutamakan penyusunan protokol kesehatan.
Selain itu, GL Zoo juga menunggu penetapan masa normal baru oleh Pemda DIY. “Kami akan hati-hati, tidak tergesa-gesa buka. Kami tidak akan latah untuk segera buka,” kata Joko, sapaan Tirtodiprojo.

Pengelola juga tidak akan membuka semua wahana di kebun binatang itu. Wahana di ruangan tertutup, seperti ruang akuarium ikan hias atau wahana tunggang gajah dan unta, akan ditutup.

“Pertunjukan Presentasi Edukasi Satwa (PES) Aves dan pentas PES Mamalia juga belum akan digelar untuk menghindari kerumunan pengunjung,” ucapnya.
Kursi penumpang di wahana kapal katamaran dan kendaraan Transport Keliling (taring) akan dikurangi. 

“Ini untuk mengantisipasi supaya tidak terjadi saling berdesakan penumpang,” ujarnya.

Manajer pemasaran GL Zoo, Yosi Hermawan, mengatakan GL Zoo tengah menambah fasilitas pencegahan Covid-19. “Persiapan yang sedang dilakukan, penambahan fasilitas wastafel, pembuatan jalur baru bagi pengunjung, dan perlengkapan atau fasilitas pendukung lainnya,” ucap dia.

(Jan/Sur)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment